PERAN ORANG TUA DALAM BIMBINGAN BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SDK ST. MARIA RUTENG

Frans Laka Lazar, Fabianus Bosco, Yovita Hamun

Abstract


Pandemi covid-19 yang menyebar ke hampir seluruh dunia sangat mempengaruhi berbagai sektor kehidupan manusia termasuk bidang pendidikan. Pembelajaran tatap muka di sekolah beralih menjadi pembelajaran dari rumah dengan menggunakan media online. Oleh sebab itu, muncul berbagai persoalan yang berkaitan dengan belajar anak dan peran orang tua di rumah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peran orang tua dalam bimbingan belajar anak di masa pandemi covid-19 di SDK St. Maria Ruteng. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif serta teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden dalam penelitian berjumlah 12 orang yang terdiri dari 6 siswa dan 6 orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua di SDK St. Maria Ruteng melaksanakan beberapa peran membimbing anak dalam belajar di masa pandemi covid-19, antara lain mengatur waktu dan mengontrol belajar anak, menyediakan fasilitas belajar, memberi perhatian khusus kepada anak yang mengalami kesulitan belajar, memperhatikan aktivitas yang menunjang belajar dan mengendalikan aktivitas yang mengganggu belajar, memberi penghargaan (reward) kepada anak yang berhasil dalam meraih prestasi dan hukuman (punishment) kepada yang melanggar aturan bersama, dan memberi dukungan atau motivasi kepada anak untuk meningkatkan prestasi atau hasil belajar

Keywords


Peran Orang Tua, Bimbingan Belajar, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Agustin, M,. Ryan, D. P., Dinar, N., & Heni, N. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 334-347

Agusriani, A. & Mohamad, F. (2021). Strategi Orang Tua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729-1740.

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cahyati, N. & Rita, K. (2020). Peran Orang Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4 (1), 152-159.

Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eva, L. F. A. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At the Home Masa Pandemi Covid-19. JurnalAl_Athfal, 3 (1), 37-47.

Griffith, A. K. (2020). Parental Burnout and Child Maltreatment During the Covid-19 Pandemic. Jurnal of Family Violence, 23, 1-7.

Hewi, L & Linda, A. Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 (1), 158.

Istiadaningsih, D., Adisel, Fitriana, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Mensukseskan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi CoVID-19 di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Elementary School (JOES), 4 (1), 22-30

Kurniati, E., Dina, K., Nur, A., & Fitri, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 241

Latif, M. dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah Pada Masa Pandemi, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 549-558.

Lisyani, L. (2021) Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 pada PAUD Tarbiyatula Aulad. Jurnal Syntax Tranformation, 2 (8), 1123-1129.

Meleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Muhroji. (2006). Managemen Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS.

Nasution, I. & Suharian. (2020). Peran orang Tua Terhadap Anak Dalam program Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Visipena, 11 (2), 266-279.

Nurihsan, A, J. (2014). Bimbingan & Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.

Pebria, A. (2019). How Maximazing Child Potential. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sari, D. A, Rahmita, N. M., Ika, Y., Tiara, A. T., & Munifah, B. (2020). Kesiapan Ibu Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19 di Rumah Saja. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 475

Sari, D. (2017). Peran orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang. Google Scholar.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixsed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sundari, Y., & Yoridho, S. A. (2018). Langkah Kakiku Setelah SMA. Jakarta: Publica Institute Jakarta.

Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trisnawati, W. & Sugito. (2021). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823-831.

Yulianingsih, W, dkk. (2020). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.

Wahyuni, R. S. (2017). Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Kelas 5 di SD Al Azhar Syifabudi. Jurnal Endurance, 2(1), 18-24.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i2,%20Oktober.1107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.