ANALIS MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA DARUSSAADAH TULUNGAGUNG
Abstract
Pembelajaran klasikal merupakan bentuk pembelajaran tradisional yang biasa diterapkan sebagian besar institut pendidikan yang berfokus pada anak yang memiliki rentan usia 2 hingga 6 tahun di wilayah Indonesia. Salah satu kunci kesuksesan dalam menerapkan sebuah model dalam pembelajaran adalah minat anak dalam belajar memiliki kemajuan yang pesat pada saat proses belajar berlangsung. Ekplorasi ini bertujuan untuk menganalisis implementasi bentuk pembelajaran klasikal terhadap minat belajar anak pada saat proses pembelajaran sedang dilaksanakan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode penyatuan data yang digunakan pada pendekatan penilitian ini adalah wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Tempat penelitian ini di RA Darussaadah Tulungagung dengan subjek penelitian anak kelas A di RA Darussaadah Tulungagung, sedangkan yang menjadi informan adalah guru RA Darussaadah Tulungagung. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah minat belajar anak tergolong rendah pada penerapan model pembelajaran klasikal di RA Darussaadah Tulungagung. Salah satu penyebabnya adalah jumlah anak dalam satu kelas melebihi strandar yang berlaku yaitu 39 anak sehingga suasana kelas kurang kondusif dan guru tidak dapat mengontrol proses belajar anak di dalam kelas secara keseluruhan. Pembelajaran klasikal dapat terus berkembang apabila evaluasi pembelajaran dilakukan secara rutin, proses pembelajaran didukung dengan media yang bagus dan dapat meningkatkan minat belajar anak sehingga pembelajaran klasikal berkembang dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiana, L. E. P. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Tipe Problem Solving Kelompok B di TK Belia Kreatif Surabaya.
Astriya, B. R. I., & Kuntoro, S. A. (2015). Pengembangan Kekreativitasan dan Minat Belajar Anak Usia 3-4 Tahun melalui Permainan Konstruktif. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6329
Blasius, S. (2003). Dokumentasi, Informasi, dan Demokratisasi. Baca: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 27(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.14203/j.baca.v27i1.67
Dharma, K. Y., Sugihartini, N., & Arthana, I. K. R. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality dengan Model Pembelajaran Klasikal Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Tk Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 298307. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14481
Farida, N. M. H. (2014). Penelitian Pendidikan Bahasa. In cakra books (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2015). Kesulitan Belajar Pada Anak : Identifikasi Faktor yang Berperan. Journal Elementary, 03(02), 15.
Hasanah, L. (2018). Penggunaan Real Object Dapat Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia 5-6 Tahun. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(01), 1320.
Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 20(1), 3744. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652
Lina. (2017). Pelaksanaan Model Pembeajaran Klasikal di Tk Kecematan Danau Kerinci. 180. https://repository.unja.ac.id/2273/
Masruroh, F., & Khulusinniyah. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Guru Paud Dalam Inovasi Model Pembelajaran Berbasis Kelompok Dengan Pendekatan Student Centered Di Kb/Ra Thariqun Najah Seletreng. As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 191226. https://doi.org/10.35316/assidanah.v2i1.764
Mushlih, A. (2013). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 16891699.
Ni Wayan Nuriani, I. W. I. dan I. S. (2014). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Alat Peraga Tiruan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Minat Belajar Anak Di Kelompok B Tk Barunawati. E-Journal Program Studi Pendidikan Dasar, 4(2), 110.
Rosyanafi, R. J. (2018). Pengaruh Media Jigsaw Puzzle Terhadap Minat Belajar Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1(1). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i1.5016
Syamsuardi, H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak (TK) Kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 2(5), 17.
Yuniatari. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok, Sudut, Area dan Sentra dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(02), 3557.
DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v8i2,%20Oktober.1076
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.