PENELUSURAN LITERATUR PERPUSTAKAAN UNTUK PENDIDIKAN TINGGI

Sanusi Bintang

Abstract


Kemajuan yang dicapai oleh manusia dalam berbagai bidang kehidupan dan tuntutan terhadap kualitas layanan telah menyebabkan timbulnya kebutuhan terhadap profesionalisme kerja dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang memerlukannya. Untuk menyambut tuntutan demikian diperlukan upaya penyiapan sumber daya manusia yang dapat dimulai sejak mereka berada dalam proses pendidikan di perguruan tinggi.

Perguruan tinggi sebagai lembaga yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusannya melalui berbagai kegiatan yan relevan, antara lain   penambahan keterampilan belajar, termasuk keterampilan penelusuran literatur perpustakaan.

Keterampilan penelusuran literatur perpustakaan dimaksudkan memberikan keahlian kepada mahasiswa dalam mencari dan menemukan informasi, baik tercetak mapun elektronik secara cepat dan tepat sehingga dapat memberikan kemudahan bagi yang bersangkutan dalam proses belajar mengajar yang sedang diikutinya dan dalam bekerja nantinya.

Tulisan ini memulai uraiannya dengan kedudukan perpustakaan di perguruan tinggi sebagai pusat sumber belajar dan pusat sumber  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kemudian, memaparkan jenis literatur yang tersedia di perpustakaan dan teknik penelusuran literatur tersebut, baik dokumen tercetak maupun elektronik.


References


Bopp, Richard E dan Linda Smith (Gen.Ed). 1991. Reference

and Information Service: An Introduction: Library Science Text Series. Colorado : Libraries Unlimited. Inc.

ProQuest Information and Learning. 2005. Products and Service Catalogue 2005.

Alam, Rahmat. dkk. 1996. Daftar Tambahan Buku. Jakarta : Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah , Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.