PENGEMBANGAN MODEL BUKU TEKS MEMBACA

Subadiyono -

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan model buku teks membaca yang terdiri dari teks-teks sebagai bahan bacaan yang dilengkapi dengan aktivitas sebelum, selama, dan setelah membaca dalam rangka mengantisipasi makna, membangun makna, dan membangun kembali makna. Untuk mewujudkan tujuan itu penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa mahasiswa memerlukan buku teks berupa bahan bacaan yang dilengkapi aktivitas sebelum, selama, dan setelah membaca; buku yang dikembangkan berjudul Buku Teks Pemahaman Bacaan yang memuat 12 teks artikel terdiri dari berbagai topik yang mencakup topik bahasa, sastra, budaya, pendidikan, multikultural, religi sosial, politik, dan filsafat yang dilengkapi dengan prosedur pembelajarannya; persepsi mahasiswa relatif baik terhadap aspek-aspek buku teks yang mencakup teknik penyajian, penyajian pembelajaran, kelengkapan pembelajaran, dan kejelasan bahasa instruksi; tingkat keterbacaan teks dalam kategori instruksional, yang berarti tingkat kesulitannya sedang.

 

Kata kunci: bacaan, aktivitas membaca, persepsi, keterbacaan

 


References


Alderson, J. Charles dan A.H. Urquhart. 1984. Reading in Foreign Language. London: Longman.

Buss, Kathleen. 2002. Reading and Writing Nonfiction Genres. Newark, Delaware: International reading Association.

Gall, Meredith D., Joyce P. Gall, dan Walter R. Borg. 2003. Educational Research An Introduction. Seventh Edition. Boston:

Harmer, Jeremy. 2004. How to Teach Writing.Harlow Essex: Person Education Limited.

Hill, Susan. 2008. Developing Early Literacy Assesment and Teaching. Prahran: Eleanor Curtain Publishing.

Jolly, David dan Rod Balitho. 1999. “The Process of Materials Writing.”

dalam Developing Materials for Language Teaching. (Ed.) Brian Tomlinson. Cambridge: Cambridge University Press.

Lindall, Hough. 1999. Language, Context, and Meaning. Sidney: Heinemann.

Lyutaya, Tatiana. “Reading Logs: Integrating Intensive reading with Writing Tasks” dalam English Teaching Forum Volume 49 Number 1 2011.

Tomlinson, Brian.2003. Developing Materials for Language Teaching. London: Continum.

Wallace, C. 2001. “Reading” in Carter and David Nunan (Eds) The Cambridge to Teaching English to Speakers of other Language. Cambridge: Cambridge University Press.

William, E. and Moran. C. 1989. “State of the Art: Reading in a Foreign Language” Teaching English, 22 (4), 217-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.