ISLAM DAN TRANSFORMASI SOSIAL (Studi kritis terhadap Pemikiran Kuntowijoyo)
Abstract
Kesimpulan makalah ini adalah menyetujui pendapat Kuntowijoyo yang menyatakan bahwa Islam sangat fokus pada transformasi sosial. Menurut Kuntowijoyo, manusia selalu melakukan perubahan sosial dan Alquran harus menjadi paradigma pemikiran. Sumber bahan utama yang digunakan dalam makalah ini adalah pemikiran politik dengan paradigma Alquran. Islam masih dapat terus dikembangkan untuk menjadikan perubahan sejarah kehidupan manusia. Agama Islam datang untuk manusia bukan untuk Allah swt. dan penganutnya harus menjunjung tinggi nilai-nilai tauhid yang dikembangkan oleh Islam.
References
Abdul Aziz Thaba, Islam dan Negara Dalam Politik Orde Baru, Cet I, Jakarta: Gema Insani Press, 1996.
Alwi Shihab, Membendung Arus Respon Gerakan Muhammadiyah terhadap Penetrasi Misi Kristen di Indonesia, Bandung: Mizan, 1998.
Arief Subhan, “Dr. Kuntowijoyo: Al-Quran Sebagai Paradigma”, Jurnal Ulumul Quran, No.4, Vol.V,1994.
Azyumardi Azra, Jaringan Ulama: Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII melacak Akar-Akar Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia, Cet. IV, Bandung: Mizan, 1998.
Bakhtiar Effendi, Islam dan Negara Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia, Cet I, Jakarta: Paramadina, 1998.
Budy Munawar Rahman, Islam Pluralis: Wacana Kesetaraan Kaum Beriman, Cet I, Jakarta: Paramadina, 2001.
Charles Kurzman (ed), Wacana Islam Liberal: Pemikiran Islam Kontemporer Tentang Isu-Isu Global. Terjemahan, Cet I, Jakarta: Paramadina, 2001.
Dalien Noer, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, Jakarta: LP3ES, 1996.
Dedy Djamaluddin Malik dan Idy Subandy Ibrahim, Zaman baru Islam Indonesia : Pemikiran dan Aksi Politik Abdurrahman Wahid. M. Amien Rais, Nurcholish Madjid , Jalaluddin Rakhmad, Cet I, Bandung: Zaman, 1998.
Fachry Ali dan Bakhtiar Effendi, Merambah Jalan Baru Islam: Rekonstruksi Pemikiran Islam Indonesia Masa Orde Baru, Cet I, Bandung: Mizan, 1986.
Harun Nasution, Pembaharuan Dalam islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan,Cet IX, Jakarta: Bulan Bintang,1992.
--------, Islam Rasional: Pemikiran dan Gagasan, Bandung: Mizan, 1998
Ira M. Lapidus, A History Of Islamic Socianties di terjemahkan oleh Guhfran Mas`adi dengan judul; Sejarah Sosial umat Islam, bagian ketiga, Cet I, Jakarta: Rajawali Press, 1999.
John L.Esposito dan John V.Voll, Tokoh-tokoh Gerakan Islam Kontemporer, Cet I, Jakarta: Murai Kencana, 2002.
Kacung Marijan, Qua Vadis NU Setelah Kembali ke Khittah 1928, Jakarta: Erlangga, 1992.
Kuntowijoyo, Identitas Politik Umat Islam, Cet III, Bandung: Mizan,1999.
----------, Paradigma Islam, Interpretasi Untuk Aksi, Cet VIII,Bandung: Mizan,1999
M. Din Syamsuddin, Islam dan Politik Era Orde Baru,Cet I, Jakarta: Logos,2001.
M. Syafi`i Anwar, Pemikiran Politik Dengan Paradigma Alquran: Sebuah Pengantar dalam Kuntowijoyo, Identitas Politik Umat Islam, Cet III, Bandung: Mizan, 1999.
M. Syafi`I Anwar, Pemikiran Dan Aksi Islam di Indonesia: Sebuah Kajian Politik Tentang Cendikiawan Muslim Orde baru, Cet I, Jakarta: Paramadina, 1995.
Martin Van Bruinessen, Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat; Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia, Cet III, Bandung: Mizan, 1999.
Moeslim Abdurrahman , Islam Transformatif, Cet III, Jakarta:Pustaka Firdaus, 1999.
Saiful Muzani (ed), Pembangunan dan Kebangkitan Islam di Asia Tenggara, Cet I, Jakarta: LP3ES, 1993.
Suara Hidayatullah, Edisi 01/ tahun IV/1991.
Refbacks
- There are currently no refbacks.