PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBASIS BUDAYA ACEH PADA SISWA KELAS II SD 54 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini maksudkan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan pembelajaran matematika realistik (PMR) berbasis budaya Aceh pada materi pengukuran di kelas II SD Negeri 54 Banda Aceh. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIA SD Negeri 54 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa (LPAS), lembar pengamatan kemampuan guru (LPKG), dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Kriteria keefektifan PMR berbasis budaya Aceh yaitu hasil belajar siswa tuntas, aktivitas siswa selama pembelajaran efektif, kemampuan guru mengelola pembelajaran efektif, dan respon siswa terhadap pembelajaran positif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian diperoleh pembelajaran matematika realistik (PMR) berbasis budaya Aceh efektif untuk mengajarkan materi pengukuran di kelas II SD Negeri 54 Banda Aceh.
Kata Kunci: PMR Berbasis Budaya Aceh
References
Banta, Teuku Alamsyah. 2005. Efektivitas Pengelolaan Dana Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam. Makalah Disampaikan pada Diskusi Panel Nasional ”Recovery Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam”. Forum Mahasiswa Pascasarjana Aceh Malang, di Malang pada Tanggal 18-19 Juni 2005.
Hasratuddin. 2002. Pembelajaran Matematika Realistik Unit Geometri dengan Pendekatan Realistik di SLTP 6 Medan. Tesis Magister Pendidikan. Subabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya
Johar, Rahmah, dkk. 2007. Penerapan Pendekatan Realistik Bernuansa Islami Pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika I Di PGSD FKIP Unsyiah. Laporan Penelitian Teaching Grand. Darussalam: FKIP Unsyiah
Suprayekti, dkk. 2004. Inovasi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Zubainur, Cut Morina, dkk. 2007. Pengembangan Assesmen dalam Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Aceh. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Darussalam: Universitas Syiah Kuala
Usman & Suhartati. 2007. Penerapan Penilaian Authentik dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realitik di Kelas VIII SMP Negeri 3 Banda Aceh. Laporan Penelitian Dosen Muda. Darussalam: Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah.
Usman. 2008. Memperbaiki Kualitas Pembelajaran SD Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Makalah Disampaikan pada ”Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah PTK Bagi guru di Kecamatan Syamtalira Bayu Aceh Utara”. PGRI Kecamatan Syamtalira Bayu, di SMP Negeri 1 Syamtalira Bayu pada Tanggal 27-28 Maret 2008.
Refbacks
- There are currently no refbacks.