PELAKSANAAN MANAJEMEN KURIKULUM PADA SMA NEGERI 1 BUENGCALA KABUPATEN ACEH BESAR

Amri Yusuf Lubis

Abstract


Kurikulum sekolah menengah merupakan seperangkat pengalaman belajar yang dirancang untuk siswa sekolah menengah dalam usaha mencapai tujuan pendidikan. Untuk itu, diperlukan suatu pola pengelolaan yang memadai, yang disebut dengan manajemen kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan hambatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan kurikulum dimulai dari pengembangan silabus dengan merancang pembelajaran yang berisi rencana materi ajar, pengelompokan materi, dan penyajian materi hal ini dapat dilihat dari program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran, criteria ketuntasan minimal; (2) Pelaksanaan kurikulum yang dilakukan oleh guru untuk melaksanakan pembelajaran yang meliputi penugasan guru, pemberian tugas tambahan, penyusunan jadwal, pembagian rombongan belajar, pengisian absen guru dan siswa, penetapan kegiatan ekstra kurikulur, pelaksanaan ujian dan pengisian rapor dan remedial serta peran guru dalam pelaksanaan kurikulum juga pengambilan keputusan dan mengimplementasikan program pengajaran;  (3) Ada hambatan berarti yang dialami kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum di SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Akan tetapi, diperlukan pembinaan dari kepala sekolah dan komitmen guru untuk melaksanakan kurikulum di SMA Negeri 1 Buengcala. Pembinaan dari kepala sekolah dengan adanya reward dan punishment, sehingga guru-guru yang memiliki komitmen mendapatkan penghargaan dan sebaliknya.

 

Kata kunci: manajemen kurikulum

 


References


Ali, M, (2007). Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Jakarta: Dirjen Depdiknas.

Arikunto, S, (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto, S, (2006). Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Asmani, Jamal Ma`ruf (2009). Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Profesional, Yogyakarta: Diva Press.

Daryanto. (2005). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, (2008). Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan.

Koentjaraningrat (2010) Metode-metode Penelitian Masyarakat Cetakan IV, Jakarta: PT Gramedia.

Hamalik, (2007). Kurikulum Sebagai Pedoman dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan, Jakarta: Dirjen Depdiknas

Liang Gie The, (2007). Cara Belajar Yang Efisien, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Margono, S. (2005), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Meysin. (2009). Tujuan Administrasi Kurikulum. http.//sindemeysin. blogspot.com 2009/04/tujuan-administrasi-kurikulum. html.

Moleong, Lexy J, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhajir, H. Noeng. (2005). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Edisi IV, Yogyakarta: Rakesarasin.

Mukti. (2006). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada SMP Negeri Kota Malang. Tesis pada PPs UM. Tidak diterbitkan.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Bumi Aksara

Siswanto, H.B, (2007), Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.

Siagian. Sondang. P, (2007), Fungsi-fungsi Manajerial, Jakarta: Bumi Aksara.

Sudrajat, Akhmad. (2008). Prinsip Pengembangan Kurikulum. http:// akhmadsudrajat.blogspot.com.

Sukmadinata, Nana (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sule, Ernie Tisnawati. (2005). Penantar manajemen. Jakarta: Prenada Media.

Suwarno, (2007). Metoda Kuantitatif Untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Pendidikan Cetakan II, Bandung: Bagian Kesatu, Sekolah Pascasarjana IKIP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.