ANALISIS BENTUK GARAPAN TARI KONTEMPORER DITINJAU DARI SEGI RAGAM GERAK TARI TRADISIONAL ACEH (Penelitian Mandiri di Taman Budaya Aceh)

Nurleli -

Abstract


Upaya pengembangan seni beragam caranya, termasuk salah satunya dengan mengeksplorasi hal-hal baru yang kemudian dikembangkan dalam bentuk gerak dalam tari, hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya  lahir tari kreasi baru dan modern, serta banyak sanggar-sanggar yang menggarap tari-tari dengan gerakan-gerakan yang lebih variatif dan beragam yang dikembangkan dari gerak-gerak dasar tari-tari tradisional Aceh. Hal ini karena eksistensi para seniman/ koreografer tari dalam menghasilkan karya-karya baru sebagai sarana mengekspresikan diri dan kepuasan batin dari koreografer tari tersebut, sehingga diharapkan seni tari diAceh akan terus berkembang dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk, isi dan teknik penampilan dari tari Reformasi yang merupakan salah satu tari yang sudah dapat dikatakan sebagai karya tari kontemporer hasil karya koreografi pada salah satu sanggar yang ada di Taman Budaya Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sudah banyak koreografer tari diAceh yang karya tarinya mempunyai nilai kreativitas yang tinggi dan memiliki inovasi baru dalam mengembangkan seni tari di Nanggroe Aceh Darussalam. Namun, terdapat juga kendala yang berarti dalam pengembangan tari kontemporer diAceh karena sebagian masyarakat masih ada yang berpandangan negatif dan menutup diri terhadap pengembangan tari kontemporer, sehingga timbul sikap menolak terhadap perubahan-perubahan inovatif dan kreatif yang bernilai positif tersebut. 

 

Kata kunci : tari kontemporer, ragam gerak, tari tradisional Aceh


References


Depdikbud. (1986). Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari, Jakarta: Direktorat Kesenian.

Kussudiardjo, Bagong. (1981). Tentang Tari, Yogyakarta : Nur Cahaya.

Murgianto, Sal. (1984). Seni Menata Tari, Jakarta : Dewan Kesenian Jakarta.

Sedyawati, Edi. (1984). Tari Tinjauan Dari Berbagai Segi, Jakarta: Pustaka Jaya.

----------. (1989). Pertumbuhan Seni Pertunjukan, Jakarta : Sinar Harapan.

Soedarsono. (1999). Diktat Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari, Yogyakarta : Akademi Seni Tari Indonesia.

Sukidjo. (1999). Beberapa Hal Yang Penting Berhubungan Dengan Gerak Tari Putri Beserta Pengolahan Ruang, Jakarta : Direktorat Kesenian.

Suryodiningrat. (1998). Babat Lan Makaring Djagat Djawi, Yogyakarta : Kolf – Bandung.

Syai, Ahmad. (1996). Deskripsi Tari rapai Geleng, FKIP Kesenian, Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.