PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap guru dalam proses pembelajran ekonomi di SMAN 1 Baitussalam Aceh besar, yang meliputi: 1). Persepsi siswa terhadap guru dalam menyampaikan materi pelajaran, 2). Persepsi siswa terhadap guru dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, dan 3).Persepsi siswa dalam menutup serta mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar yang berjumlah 209, dan yang dijadikan sampel sebanyak 50 orang. Sampel diambil siswa kelas X1 dan kelas X2 masing-masing 25 orang yang penentuan kelas sampel dilakukan dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 orang siswa, dan observasi. Setelah data terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan rata-rata dari setiap item pertanyaan, dan kemudian skor rata-rata dikelompokkan dalam kategori sangat baik, baik, cukup, kurang baik dan tidak baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru ekonomi dalam menyampaikan materi pembelajaran dinilai baik oleh siswa dengan skor rata-rata sebesar 4,25 Kinerja tersebut meliputi kegiatan antara lain, guru melakukan apersepsi, menjelaskan materi, mengelola kelas, menjawab pertanyaan, menciptakan suasana kelas yanh aktif, dan lain-lain. Demikian pula dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, mengevaluasi dan menutup pembelajaran juga dikatagorikan baik dengan nilai rata-rata masing-masing sebesar, 3,92 dan 3,53.
Kata kunci: persepsi siswa, proses pembelajaran ekonomi
References
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjino. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Akasar.
----------. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Hasibun dan Modjiono. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Usman, M.Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.