METODE TAQRIB DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui metode taqrib dalam pembelajaran agama Islam. Metode penulisan menggunakan metode library research. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa semua metode dalam pendidikan Islam tepat digunakan dalam pembelajaran agama Islam. Oleh karena itu, penggunaan metode dalam pendidikan tidak harus terfokus pada satu bentuk metode, akan tetapi dapat memilih atau mengkombinasikan diantara metode yang lain. Metode taqrib sangat cocok digunakan dalam proses belajar mengajar, karena dengan metode ini murid termotivasi dalam melewati hari belajarnya karenamurid akan tumbuh sikap percaya diri yang seutuhnya.
References
Heri Jauhari Mukhtar, Fikih Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, cet. Ke-5, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Departeman Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, cet. IV, Edisi Ke-2, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
Ahmad Warson Munawir, Kamus Arab Indonesia, cet. 14, Yogyakarta: Pustaka Progresif, 1997.
Muhibin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Yuni Setia Ningsih, Birul Awlad Vs Birul Walidain Upaya Pendidikan Emosional Anak Dalam Keluarga, Banda Aceh: IAIN Ar-Raniry Press, 2007.
A. Chairan Marzuki, Anak Saleh dalam Asuhan Ibu Muslimah, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2004.
Imam al-Ghazali, Ihya `Ulumuddin, (terj), jilid.3, Semarang: Asy-Syifa`,1992.
Husain Mazhahiri, Pintar Mendidik Anak, (terj), Jakarta: Lentera Basritama, 2002.
Syaikh Jamaluddin Mahfuzh, Psikologi Anak dan Remaja Muslim, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001.
Refbacks
- There are currently no refbacks.