PENGARUH PROGRAM REMEDIAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 BANDA ACEH
Abstract
Remedial Teaching adalah bantuan yang diberikan guru untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa guna mencapai suatu situasi yang memungkinkan siswa mampu mengembangkan dirinya seoptimal mungkin sehingga memenuhi kriteria prestasi belajar yang diharapkan. Berhasil tidaknya guru melakukan remedial teaching dapat diukur berapa besar pengaruh positif hasil belajar dari pelaksanaanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh program “remedial teaching” terhadap prestasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas III SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh yang mengikuti program remedial teaching, masing-masing: 49 siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia; 56 orang Bahasa Inggris; dan 65 orang Matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Data diolah secara statistik dengan analisis kuantitatif; “Uji Beda” untuk melihat pengaruh remedial teaching terhadap prestasi belajar siswa setelah dilakukan remedial teaching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedial teaching berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh.
Kata kunci: Pengaruh remedial teaching, prestasi belajar
References
Arikunto, Suharsimi. 1993. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Djamarah. 1996. Strategi Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Hudoyo, Herman. 1988. Strategi Mengajar Belajar. IKIP Malang. Malang.
Jasin, Anwar. 1996. Pembelajaran Efektif. Graniedia Widiasarana. Jakarta.
Lulcman, Ali. 1990. Kamus Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
Munandar, Utami. 1995. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak. Rineka Cipta. Jakarta.
Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Universitas Negeri Malang. Malang.
Purwadarminta. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara. Jakarta
Sudjana, N. 1992. Metode Statistika. Edisi Ke 5. Bandung. Tarsito.
Sunarja. 1982. Teknik Penilaian Pendidikan. Depdikbud. Jakarta.
Suratinah. 1994. Anak Supernormal dan Pendidikannya. Jakarta. Bina Aksara.
Suyono. 1991. Usaha Membangkitkan Minat Anak. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rusyan. 1998. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rineka Cipta.Jakarta.
Whiterington. 1991. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Purwanto, Ngalim. 1995. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosadakarya. Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.