Pengaruh Kualitas Makanan terhadap Kepuasan Konsumen di Plum Hotel Lading Banda Aceh

Iqbal Saputra, Nilazarni Nilazarni

Abstract


Food and beverage adalah departemen yang keberadaanya merupakan salah satu sumber pendapatan bagi hotel yang bersangkutan dan bertanggung jawab atas pelayanan makanan dan minuman. Penelitian ini dilatar belakang permasalahan mengenai bagaimana pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen di Plum Lading Hotel Banda Aceh, kendala yang dihadapi dalam menjaga kualitas makanan di Plum Lading Hotel Banda Aceh, serta dalam menjaga kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen di Plum Lading Hotel Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen di Plum Lading Hotel Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis dilakukan pada studi kepustakaan dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen di Plum Lading Hotel Banda Aceh  sangatlah penting untuk membantu kelancaran food and beverage dalam memberikan suatu produk kepada tamu khususnya makanan dan minuman. Dengan adanya kualitas makanan yang baik dapat membuat konsumen merasa puas karena sesuai dengan harapan yang mereka inginkan

Kata Kunci: Food and beverage, kualitas makanan, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF

References


Budi, M. A. S., Andi, M., & Saputra, A. (2022). Pengaruh perceived servise quality dan customer satisfaction terhadap customer loyalty pada CV Beutari Alumindo. Jurnal Saudagar Indonesia, 1(1), 52 – 59.

Budi, M. A. S. (2025). Peranan repurchase intention dalam memediasi pengaruh customer experience dan trust: Perspektif loyalitas konsumen pada e-market place. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 4(1), 288 – 298.

Budi, M. A. S., Andi, M., & Maulana, M. T., (2025). Marketing technology and literacy as key drivers of SME market penetration in the digital era. Journal of Innovation in Business and Economics, 9(2), 165-174.

Harisanty, D., Khotijah, S., Vokasi, F., & Airlangga, U. (2016). User perception to service quality (Libqual) in State University Library at Surabaya. Journal of Business & Economic Statistics, 6(1), 1–16.

Hastina, M., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Determinan self-efficacy wirausaha terhadap intensi wirausaha di Kota Banda Aceh. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 5(1), 303 – 319.

Jayasundara, C., Ngulube, P., & Minishi-Majanja, M. K. (2010). Using focus groups to investigate service quality determinants for customer satisfaction in selected University Libraries in Sri Lanka. SAGE Journal Library & Information, 76(2), 118–128.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1&2. Jakarta: PT. Indeks.

Kurniasih, D. (2021). Kepuasan Konsumen. Banten: Bintang Sembilan Visitama.

Kustini, H. (2017). General Hotel Management. Yogyakarta: Deepublish.

Laela, E. (2021). Kualitas makanan, kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap minat pembelian ulang pada rumah makan Ciganea Purwakarta. Jurnal Riset dan Pengembangan, 7(3), 1-13.

Maulana, M. T., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Peranan kualitas layanan dan harga dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Salingka Nagari, 4(1), 118 – 127.

Miswan (2016). Pengaruh kualitas pelayanan virtual experience terhadap kepuasan pengunjung museum penerangan di TMII Jakarta. Jurnal Industri Pariwisata, 4(2).

Oliver, R. (2019). Model Kognitif Ateseden Dan Konsekuensi Kepuasan Keputusan. Jurnal Riset Pemasaran. Jil. XVII (November), 460-469.

Putri, N, T. (2018). Manajemen Kualitas terpadu. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Susana, Dita. 2017. Food and Beverage pelayanan makanan dan minuman. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Ulfi, S. Z., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Anteseden loyalitas konsumen pada bisnis ritel di Kota Banda Aceh. Journal of Innovative & Creativity, 5(2), 5763-5777.

Veloso, C. M., & Monte, A. P. 2019. Validation of a measurement scale of service quality, image, customer satisfaction, and loyalty in traditional trade. Tourism & Management Studies, 15(3), 27–35.

Vikaliana, Resista.2020.Manajemen Persediaan. Bandung: Media Sains Indonesia

Wahyuniarti Prabowo, D. 2014. Pengelompokan komoditi bahan pangan pokok dengan metode analytical hierarchy process: Classification of staple food commodity using analytical hierarchy process. Jurnal Kemendag.

Walojo, D. A., Kosdijati, T., & Uttomo, Y. (2020). Pengendalian Kualitas. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Yulanda, G., & Putri, E. D. H. (2017). Strategi guest relation officer dalam penanganan tamu yang menunggu pelayanan di Hotel Santika Premiere Yogyakarta. Jurnal Khasanar Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v4i2.2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.