Metode Food Plating Dalam Meningkatkan Daya Tarik Menu A'la Carte Restoran Hermes Palace Hotel Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode food plating diterapkan oleh para koki dalam meningkatkan daya tarik menu a’la carte restoran Hermes Palace Hotel Banda Aceh, serta kendala apa saja yang dihadapi oleh para koki dan upaya yang dilakukan dalam proses food plating. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode plating seperti shingling, stacking, smearing, koslo, dan rule of thirds secara khusus berkontribusi dalam menciptakan tampilan hidangan yang menarik dan menggugah selera. Kendala yang sering muncul antara lain adalah keterbatasan waktu, koordinasi antara tim dapur dan keterbatasan alat atau bahan garnish, kendala tersebut dapat diatasi dengan persiapan awal, pembagian tugas, serta pemilihan bahan dan garnish yang tepat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode food plating yang tepat dapat meningkatkan nilai tampilan dan profesional dalam penataan makanan, yang berdampak langsung pada citra restoran hotel. Saran yang diajukan antara lain adalah perlunya pelatihan berkala bagi koki, peningkatan ketersediaan peralatan plating, mengelola waktu secara efisien, serta pengawasan kualitas bahan dan garnish secara berkala.
Kata Kunci: Food Plating, Garnish, Menu, A’la Carte, Restoran
Full Text:
PDFReferences
Al-Bakry, M. N. (2022). Penerapan metode food plating untuk meningkatkan motivasi siswa dalam meningkatkan masakan Indonesia. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, 3(1), 46 – 52.
Budiningsih, A. (2019). Food and Beverage Program Keahlian Perhotelan dan Jasa Pariwisata. Bogor: Yudhistira.
Budi, M. A. S., Andi, M., & Maulana, M. T., (2025). Marketing technology and literacy as key drivers of SME market penetration in the digital era. Journal of Innovation in Business and Economics, 9(2), 165-174.
Hastina, M., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Determinan self-efficacy wirausaha terhadap intensi wirausaha di Kota Banda Aceh. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi, 5(1), 303 – 319.
Khoiri, D. P., & Asnur, L. (2024). Kreasi garnish pada penyajian makanan dan minuman (Studi Deskriptif Tentang Kreasi Garnish Pada Penyajian Makanan dan Minuman di Muara Terrace Café & Resto). Jurnal Pendidikan Tata Boga dan Teknologi, Universitas Negeri Padang, 5(1), 161-164
Maulana, M. T., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Peranan kualitas layanan dan harga dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Jurnal Salingka Nagari, 4(1), 118 – 127.
Nurlaila, F. (2019). Aplikasi pemasaran makanan pada restoran 1953 Indonesia Berbasis Web. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 4(1).
Parantika, A., & Harwindito, B. (2019). Food and Beverage Smk Kelas XII. Jakarta: Erlangga.
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (Online). Medan: KBM Indonesia.
Setiaji, S. (2023). Analisis kepuasan konsumen ditinjau dari store atmosphere, food plating dan persepsi harga. Journal of Indonesian Management, 3(3). https://doi.org/10.53697/jim.v3i3.1426
Sihombing, M. (2022). Pengaruh variasi menu, harga, dan suasana café, terhadap kepuasan konsumen Café Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Journal Homepage, Universitas Lambung Mangkurat, 1(1), 26 – 33.
Sirait, D. E. (2023). Metodologi Penelitian. Pematangsiantar: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).
Siswadi, F. (2018). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Pustakawan Indonesia, 18(1), 42-53.
Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sungkawa, K. (2024). Penerapan food plating mahasiswa dalam mengikuti cooking competition di Universitas Dian Nuswantoro. Journal of Islamic Economics and Finance, 2(3), 133-146
Timo, F. (2021). Pengaruh variasi menu dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di Hotel Victory Kefamenanu. Jurnal Inspirasi Ekonomi, 3(3), 8-16 https://doi.org/10.32938/ie.v313.1267
Trianasari (2021). Manajemen Makanan & Minuman. Malang: CV. Pustaka Learning Center.
Tumpuan, A. (2021). Penerapan sistem menu engineering dalam upaya peningkatan kualitas menu restoran di Restoran Bintan Inti Executive Village Clubhouse. Jurnal Pariwisata Terapan, 5 (1), 60 – 73.
Ulfi, S. Z., Budi, M. A. S., & Fitri, A. (2025). Anteseden loyalitas konsumen pada bisnis ritel di Kota Banda Aceh. Journal of Innovative & Creativity, 5(2), 5763-5777.
DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v4i2.2534
Refbacks
- There are currently no refbacks.

