ANALISIS EFEKTIFITAS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT Pos Cabang Langsa)

Muhammad Rizal, Andi Tarlis

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif kinerja PT Pos Cabang Langsa apabila menggunakan konsep Balanced Scorecard. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian yaitu hasil pengukuran kinerja dari perspektif keuangan menunjukkan bahwa kinerja PT Pos Cabang Langsa sangat baik, hal ini berarti PT Pos mampu memperoleh laba dan pendapatan yang besar karena mampu mengendalikan biaya operasional secara efektif dan efisien. Hasil pengukuran kinerja untuk perspektif pelanggan menunjukkan bahwa kinerja PT Pos Cabang Langsa sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan pelanggan yang menyatakan sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT Pos Cabang Langsa, hal ini berarti perusahaan mampu mempertahankan pelanggannya. Hasil pengukuran kinerja dari perspektif internal menunjukkan bahwa kinerja PT Pos Cabang Langsa sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil inovasi dan kinerja karyawan. Hasil pengukuran kinerja untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan bahwa kinerja PT Pos Cabang Langsa sudah baik, hal ini dapat dilihat dari analisis kepuasan karyawan.

Kata Kunci : Balanced Scorecard , Kinerja , PT Pos Langsa


Full Text:

PDF

References


Budi, M. A. S., & Miska, L. (2021). Pengaruh lingkungan kerja, motivasi kerja, komunikasi internal, dan kerja sama tim terhadap produktivitas kerja karyawan Sekolah Swasta Bunga Matahari Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, 11, 171–182.

Amstrong, M., & Baron, A., (2017). Performance Management – The New Realities, London: Institute of Personnel and Development.

Indrawijaya, A.I. (2010). Teori, Perilaku, dan Budaya Organisasi, Bandung: Refika Aditama.

Mulyadi (2019). Balanced Scorecard, Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan, Jakarta: Salemba Empat.

Mangkuprawira, S., & A.V, Hubeis (2017). Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Bogor: Ghalia Indonesia.

Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kumalasari, Y. S. (2010). “Evaluasi Terhadap Kinerja Unit Usaha Syariah Pada Bank Konvensional Dengan Perspektif Balance Scorecard”, Fakultas Ekonomi Diponegoro.

Norton, Kaplan. P. (2019). Balanced Scorecard. Translating Strategy Info Action, Boston: Harvard Business School Press.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v3i2.2324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.