KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW PADA MAHASISWA DITINJAU DARI PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP STRATEGI MARKETING MIX
Abstract
Marketing mix atau bauran pemasaran merupakan suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen yang mencakup produk, harga, tempat, dan promsi yang dilakukan secara terpadu. Melalui keempat elemen ini diharapkan akan memberikan pengaruh yang mampu mendorong individu untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen mengenai marketing mix terhadap keputusan pembelian produk Ms. Glow. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 166 mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Pengambilan data menggunakan model skala likert dengan menyebarkan kuesioner kepada subjek. Adapun teknik analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh hasil sebesar 0,595, menunjukkan persepsi konsumen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Ms. Glow dan memiliki pengaruh yang positif. Hasil perhitungan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara marketing mix terhadap keputusan pembelian sebesar 35,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. & Kodrat, D. (2017). Faktor-faktor penyebab kegagalan bisnis pada perusahaan mitra jaya abadi. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 2(1). 129.
Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Pustaka pelajar. Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan validitas. Pustaka belajar.
Azizah, D. (2014). Marketing mix pada perpustakaan Bank indonesia Surabaya. Jurnal Ilmu Informasi dan Perpustakaan. 4(3). 10.
Benyamin, A. (2019). Strategi bauran pemasaran (marketing mix strategy) di pasarkita pamulang. Jurnal pemasaran kompetitif. 2(3). 3.
Fadhila, S. Lie, D. Wijaya, A. & Halim, F. (2020). Pengaruh sikap konsumen dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian pada mini market mawar balimbingan. Jurnal Manajemen dan Keuangan. 8(1). 53-60.
Febriyanti. R, & Wahyuati A. (2016). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5(5). 2-4.
Guspita, R. Zulkarnain, & Samsir. (2019). Pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen dimoderasi kepercayaan konsumen produk Nu Skin di kota Pekanbaru. Jurnal economica. 7(2). 654-656.
Halik, A. (2010). Analisis pengaruh marketing mix terhadap persepsi konsumen platinum ceramics industry ltd Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen. 6(3). 73-74.
Ismanto. (2020). Manajemen Pemasaran. Unpam Press.
Kalangi, N. Tamengkel, L. & Walangitan, O. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis. 8(1). 44-47.
Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kridani, M. (2020). Pengaruh persepsi konsumen dan motivasi konsumen terhadap pengambilan keputusan untuk bergabung sebagai anggota dalam bisnis multi-level marketing. Jurnal ilmiah psikologi. 8(2). 290-292.
Mariyanti, L & Rahanatha, G. (2015). Pengaruh celebrity endorsers dan pesan iklan di televisi terhadap keputusan pembelian pada es krim walls magnum belgium chocolate. E-Jurnal Manajemen Unud. 4(10). 3094-3100.
Mas’ari, A. Hamdy, M. Safira, M. (2019). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) Pada Pt. Haluan. Jurnal teknik industri. 5(2). 82.
Mohamad, R. & Rahim. E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. Jurnal Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo. 2(1). 19-23.
Mulyandi, M. & Sani, E. (2020). Pengaruh e marketing mix terhadap minat beli konsumen (Studi Kasus pada E Commerce di Indonesia). Jurnal IKRA- ITH Ekonomika. 3(1). 41.
Nugraha, E. & Anastasia, N. (2019). Pengaruh elemen pemasaran (7p) terhadap kepuasan konsumen jasa fotografi sweet seventeen birthday di Surabaya. Jurnal AGORA. 7(2). 2.
Penalosa, K. & Mugiono. (2017). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian pada KL EXPRESS Cafe Tidar, Malang. Jurnal ilmiah mahasiswa fakultas ekonomi bisnis. 5(1). 14-20.
Poeloe, R. Sepang, J. & Samadi, R. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian mobil pada PT. Astra International Tbk, Daihatsu Manado. Jurnal EMBA. 4(4). 1039-1040.
Prami, I. Widiasturi, N. & Ariestawa, I. (2021). Pengaruh standar operasional prosedur terhadap kualitas pelayanan room attendant pada alam Boutique Resort Umalas Seminyak. Journal of Applied Management Studies. 2(2). 113.
Putri, W. Ningsi, W. & Ekowati, S. (2021). Pengaruh promosi di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian skincare Ms Glow. Jurnal manajemen modal insani dan bisnis. 2(1). 50-51.
Ramayani, R. (2021). Analisis Pendapatan Usaha Industri Rumah Tangga Roti Mini Bakery Di Kota Palembang. Management Studies and Entrepreneurship Journal. 2(2). 167.
Saladin D. (2010). Manajemen pemasaran. Lina Karya.
Santoso, D. & Purwanti, E. (2013). Pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam memilih produk operator seluler indosat-m3 di kecamatan pringapus kab. Semarang. Jurnal ekonomi. 6(12). 114.
Sari, S. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Jurnal ilmiah psikologi. 8(1). 149.
Setiawan, W. & Sugiharto, S. (2014). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian Toyota Avanza Tipe G Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. 2(1). 3.
Shareen, S. & Andayani, R. (2018). Pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan pembelian pada produk kara santan PT Enseval Putera Megatrading, Tbk. Journal of Applied Business Administration. 2(1). 46-50.
Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Shiratina, A. & Afiatun, P. (2017). Pengaruh persepsi konsumen dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian produk kain rajut (studi kasus pada cv. Sinar agung). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. 7(1). 90-93.
Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Alfabeta.
Sukma, K. Nurcahya, I & Suryani, A. (2016). Pengaruh celebrity endorser, brand image dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk pembersih wajah men’s biore. E-Jurnal Manajemen Unud. 5(7). 4016. 91-92.
Sukotjo, H. & Sumanto, R. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Product, Price, Promotion, Place, Participant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 1(2). 216.
Sumolang, K. & Mandey, S. (2018). Faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ratulangi Manado menggunakan kartu Simpati Telkomsel. Jurnal EMBA. 6(1). 263.
Supriyanto. M, & Taali, M. (2018). Pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap pengambilan keputusan menginap di The Sun Hotel Madiun. Jurnal manajemen, administrasi, pemasaran dan kesekretariatan. 2(1). 16.
Tjiptono F. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. Andi.
Tousalwa, C. & Pattipeilohy, V. (2017). Variabel penentu keputusan pembelian minyak kayu putih cap mp di kota ambon. Jurnal nusamba. 2(1). 5.
Wardhani, W. Sumarwan, U. & Yuliati, L. (2015). Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product. Jurnal Manajemen dan Organisasi. 6(1). 47-49.
Wijaya, D. (2016). Pengaruh persepsi konsumen pada produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian smartphone sony xperia di DIY. Jurnal ekonomi dan bisnis. 1(1). 5.
Yurita, A. Makmur, Andi, A. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic Di Dealer Prima Motor Pasir pengaraian. Jurnal Manajemen. 1(1). 2-4.
Zulfikar, & Wasisto, J. (2018). Efektifitas metode ceramah pada layanan pendidikan pemustaka di perpustakaan daerah provinsi jawa tengah. Jurnal ilmu perpustakaan. 7(3). 5.
DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v2i2.1890
Refbacks
- There are currently no refbacks.