PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT JNE EXPRESS ACROSS NATIONS DI BANDA ACEH

Nurulia Dimitha, Aida Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pada PT JNE Express Across Nations di Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner untuk pengumpulan data, dan data sekunder dalam bentuk studi kepustakaan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 50 responden yang menggunakan jasa kirim PT JNE di Kota Banda Aceh. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Untuk melihat ada tidaknya pengaruh antar variabel bebas dan terikat secara parsial digunakan uji-t. Hasil dari olah data analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh positif antara nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pada PT JNE Express Across Nation di Kota Banda Aceh. Hasil dari uji parsial atau uji-t menunjukkan adanya pengaruh dan signifikansi antara nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pada PT JNE Express Across Nations di Kota Banda Aceh.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2007), Prosedur Suatu Penelitian (Cetakan Keenam). Jakarta: Rineka Cipta.

Bromson (2010). Loyalitas Pelanggan 50. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Fandy, Tjiptono. (2017). Service Management Mewujudkan Layanan Prima Edisi 2. Yogyakarta.

Griffin, Jill. (2011). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan. Airlangga, Jakarta.

Jeremia Kolonio & Djurwati Soepeno. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, Dan Consumer Satisfaction Terhadap Consumer Loyalty Pada Cv. Sarana Marine Fiberglass. Jurnal Emba Vol.7

Kotler, Phillip. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Rizki Zulfikar. (2018). Pengaruh Kulaitas Pelayan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. Cihampales Cililin.

Sigit, Murwanto (2009), Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Mahasiswa Sebagai Konsumen Potensial Produk Pasta Gigi Close Up, Jurnal Siasat Bisnis, vol 11, no.1, april 2009.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v2i1.1734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.