PENGGUNAAN FITUR MEDIA SOSIAL INSTAGRAM STORIES SEBAGAI MEDIA PEMASARAN OLEH PELAKU ENTREPRENEURSHIP LOKAL

Fani Sartika

Abstract


Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat. Instagram Stories adalah salah satu fitur yang ada pada media sosial Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah konten singkat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana fitur Instagram Stories digunakan sebagai media pemasaran oleh pelaku entrepreneurship lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deksriptif. Data primer dalam penelitian didapatkan dengan melakukan pengamatan terhadap akun-akun Instagram aktif yang digunakan untuk bisnis dan melakukan wawancara terhadap responden, sedangkan data sekunder dari studi kepustakaan. Data kemudian dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram Stories dapat menjadi media pemasaran yang efektif bagi pelaku entrepreneurship lokal karena dapat meningkatkan customer engagemenet, kesadaran merek dan produk, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen, keputusan pembelian, dan volume penjualan. Hal ini didorong oleh beberapa faktor seperti kemudahan penggunaan, persepsi positif terhadap kegiatan pemasaran atau periklanan di sosial media, dan harga yang murah untuk beriklan. Bentuk pemasaran yang dilakukan di Instagam Stories dapat dilakukan lewat menjalin kedekatan komunikasi dengan kosumen, membuat konten pemasaran yang menarik dan informatif, mengoptimalkan penggunaan fitur yang tersedia, mengunggah konten berurutan, dan menggunakan label sponsored.


Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arifin, B., Muzaki, A., & Kurniawan, M. W. (2019). Konsep digital marketing berbasis SEO (Search Engine Optimization) dalam Strategi Pemasaran. Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis, 4(2), 1-7.

Bayindir, N., & Kavanagh, D. (2018). General format. Retrieved from https://www.gwi.com/hubfs/Downloads/Social-H2-2018-report.pdf

Belanche, D., Cenjor, I., & Perez-Rueda, A. (2019). Instagram Stories versus Facebook Wall: an advertising effectiveness analysis. Spanish Journal of Marketing, 23(1), 69-94.

Ekasari, N. (2014). Pengaruh promosi berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian produk jasa pembiayaan kendaraan pada PT. BFI Finance Jambi. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi, 16(2), 81-102.

Gitosudarmo, I. (2015). Manajemen Pemasaran Edisi Ke-2 Cetakan Ke-6. Yogyakarta: BPFE.

Hikmah, A. N. (2020). Pengaruh customer engagement dan e-service quality terhadap online repurchase intention dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening pada marketplace Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 2(1), 89-100.

Inayah, F. R., Parakkasi, I., & Sofyan, A. S. (2023). Pengaruh labelisasi halal, personal selling, dan online customer review terhadap keputusan pembelian (studi pada followers Instagram Scarlett Whitening). Al-Maal: Jurnal of Islamic Economics and Banking, 4(2), 163-175.

Indrasari, R. (2021). Digital Library Universitas Muhammadiyah Makassar. Retrieved from https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/14213-Full_Text.pdf

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18-33.

Limanduno, J. A., & Dharmayanti, D. (2015). Pengaruh content marketing dan event marketing dengan social media marketing sebagai variabel moderasi di Pakuwon City . Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1), 11-21.

Martha, Z. (2021). Penggunaan Fitur Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 2632.

Sartika, F. (2022). Pengaruh persepsi risiko, ulasan produk, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online (studi kasus pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh). Jurnal Saudagar Indonesia, 1(1), 41-51.

Schoell, W. F. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Sidabutar, C. B., & Dharmayanti, D. (2015). Analisa pengaruh brand

experience terhadap customer loyalty melalui brand trust, customer satisfaction, dan customer intimacy sebagai variabel intervening pada Kiehls Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1), 1-10.

Wally, E., & Koshy, S. (2014). Proceedings from The 29th International Business Conference, World Business Institute Australia: The Use of Instagram as a Marketing Tool by Emirati Female Entrepreneurs: An Exploratory Study. University of Wollongong in Dubai-Papers, page 1-19.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v2i1.1733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.