PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KABUPATEN BIREUEN

Ferri Yanto, Ira Dama Yanti

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Lingkungan Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Pegawai, dengan mengambil jumlah responden sebagai sampel penelitian sebanyak 50 responden yang merupakan Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bireuen untuk disebarkan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dimana analisis ini dapat digunakan untuk melihat hubungan dan pengaruh antar variabel. Berdasarkan analisis dan perhitungan hasil penelitian diperoleh hubungan yang kuat dan positif antara Lingkungan Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan, dengan koefisien korelasi sebesar 0,733 dan persamaan linier Y = 4,649 + 0,335 X1 + 0,174 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara Lingkungan Kerja dan Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan. Dan 53,8% Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bireuen dapat dijelaskan oleh variabel Lingkungan Kerja dan Komunikasi. Sisanya sebesar 46,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Budianto, A. Aji Tri dan Amelia Katini. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk SBU Distribusi Wilayah I Jakarta. Kreatif Vol. 3 No. 1. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang Tangerang Selatan. DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jk.v3i1.y2015.p%25p.

Effendy, Onong Uchjana. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hartini, dkk. (2021). Kinerja Karyawan (Konsep Penilaian Kinerja di Perusahaan). Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada.

Istijanto. (2010). Riset Sumber Daya Manusia: Cara Praktis Mengukur Stres, Kepuasan Kerja, Komitmen, Loyalitas, Motivasi Kerja Dan Aspek-Aspek Kerja Karyawan Lainnya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mandagie, Angel Susanti, Lotje Kawet, dan Yantje Uhing. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Politeknik Kesehatan Manado. Jurnal EMBA. Vol. 4 No. 1 Maret 2016. Universitas Sam Ratulangi. Manado, 344-354.

Nitisemito, Alek S. (2006). Manajemen Personalia, Edisi Kedua. Jakarta. PT. Ghalia Indonesia.

Prakoso, Rayka Dantyo. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Pegawai (Studi Pada Karyawan PT. AXA Financial Indonesia Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 14 No. 2 September 2014. Fakultas Ilmu Administrasi.

Universitas Brawijaya Malang, 1-10.

Rohmatulloh, Wahyu. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja, Komunikasi dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 6, No. 9 September 2017. STIESIA Surabaya, 1-20.

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil (Cetakan Kelima). Jakarta: PT. Refika Aditama.

Siagian, Sondang P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sofyandi, Herman . (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Terry, R. George. (2016). Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan Kesebelas. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v2i1.1731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.