PENGARUH NORMA SUJEKTIF DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI SAYURAN ORGANIK DI KOTA BANDA ACEH

Fani Sartika, Agusnawan Linu Ibrahim, Ermad MJ

Abstract


Kecemasan terhadap praktik pertanian yang tidak bertanggung jawab menjadikan sayuran organik menjadi produk alternatif yang dicari konsumen saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh norma subjektif dan harga terhadap minat beli sayuran organik di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dalam bentuk kuisioner untuk pengumpulan data, dan data sekunder dalam bentuk studi kepustakaan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah dan belum pernah mengonsumsi sayuran organik sejumlah 97 orang. Sampel diambil sebanyak 97 orang, atau dengan cara sensus, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel snowball. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Untuk melihat ada tidaknya pengaruh antar variabel bebas dan terikat secara parsial digunakan uji-t. Hasil dari olah data analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh positif antara norma subjektif dan harga terhadap minat beli. Hasil dari uji parsial atau uji-t menunjukkan adanya pengaruh dan signifikansi antara norma subjektif terhadap minat beli, dan adanya pengaruh dan signifikansi antara harga terhadap minat beli. Variabel yang mendominasi minat beli sayuran organik di Kota Banda Aceh adalah harga.


Full Text:

PDF

References


Binalay, G. A., Mandey, L. S., & Mentardjo, M. O. C. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Manado. EMBA, 4(1), 395–406.

Iltiham, M. F., & Nizar, M. (2020). Pengaruh Label Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Harga Pada Oleh-Oleh Makanan Khas Pasuruan Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian. Malia (Terakreditasi), 11(2), 311–326. https://doi.org/10.35891/ml.v11i2.2149

Kotler, P., Armstong, G., (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran 7th Edition. Jakarta: Salemba Empat.

Laksana, F (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Martono, M., Iriani, S. R. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Batik Sendang Luwun Lamongan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(April).

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2014). Consumer Behavior, Global Edition: Global Edition. Pearson Higher Education, London.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business : A Skill-Building Approach, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Susanti, R. I., Muhaimin, A. W., Toiba, R., (2018). Analisis Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Sayur Organik di Kota Malang . Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Pertanian III: Sumber Daya dan Kebijakan Pembangunan Pertanian di Era Revolusi Industri 4.0. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Suyono, A. G., Sukmawati, S., Pramono (2012). Pertimbangan dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Inditayu Press.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v1i2.1491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.