PENGARUH PERSEPSI DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKIN CARE JOAR DI KOTA BANDA ACEH

Aida Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian skin care Joar di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dalam bentuk kuisioner untuk pengumpulan data, dan data sekunder dalam bentuk studi kepustakaan. Dengan menggunakan perhitugan rumus Purba jumlah responden dala penelitian ini adalah 96 konsumen yang melakukan pembelian skin care Joar di Kota Banda Aceh. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Untuk melihat ada tidaknya pengaruh antar variabel bebas dan terikat secara parsial digunakan uji-t. Hasil dari olah data analisis regresi linier berganda menunjukkan adanya pengaruh positif antara persepsi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian skin care Joar di Kota Banda Aceh. Hasil dari uji parsial atau uji-t menunjukkan adanya pengaruh dan signifikansi antara persepsi terhadap keputusan pembelian skin care Joar di Kota Banda Aceh., adanya pengaruh dan signifikansi antara word of mouth terhadap keputusan pembelian skin care Joar di Kota Banda Aceh. Variabel yang mendominasi keputusan pembelian secara skin care Joar di Kota Banda Aceh adalah variabel word of mouth


Full Text:

PDF

References


Ali Hasan, (2017) Marketing Word Of Mouth Yogyakarta: Medpress,

Akbar, Muhammad Ridho. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Minat Beli Mobil Mitsubishi Xpander. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: PPs Universitas Negeri Medan.

Basamalah, F. M. (2010). Pengaruh Komunitas Merek Terhadap Word Of Mouth. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(1), 7989.

Fredereca dan Chairi. 2010. Pengaruh Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Smartphone Blackberry. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 127143.

Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 127143.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shopee Di Pekan Baru. Jurnal Valuta, 4(1), 7185

Pratiwi, Nikma Yolanda (2015) Analisis Pengaruh Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Pati, Diponegoro Journal Of Management, Volume 4, Nomor 4, Tahun 2015, Halaman 1-11ISSN (Online): 2337-3792Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jsi.v1i2.1488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.