Analysis Of Logical Thinking Skills On Mathematics Learning Outcomes In Class VIII C Students Of MTSN 6 Kerinci

Lusia Winda Yanti, Eline Yanty Putri Nasution

Abstract


Kemampuan berpikir logis memiliki peran penting dalam pemecahan dan pembelajaran konsep matematika dan untuk meningkatkan hasil belajar.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir logis siswa kelas VIII C MTSN 6 Kerinci dalam menyelesaikan persoalan matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 3 butir soal kemampuan berpikir logis matematis. Subjek penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas VIII C MTSN 6 Kerinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas VIII C MTSN 6 Kerinci belum cukup baik karena siswa yang dikategorikan sangat tinggi hanya 10% yang mampu menyelesaikan seluruh perhitungan mulai dari informasi yang diperoleh, langkah-langkah penyelesaian sampai memberikan kesimpulan secara cepat dan tepat. Selanjutnya, kategori tinggi dan sedang dicapai oleh 15% siswa yang mengungkapkan alasan logis mengenai seluruh langkah-langkah penyelesaian dari awal hingga kesimpulan secara cepat. Kemudian, terdapat 50% siswa mencapai kategori rendah yang memberikan argumen tentang peyelesaian soal. Terakhir, terdapat 10% siswa dikategorikan sangat rendah yang mengidentifikasi data atau informasi yang diketahui dan ditanya.

Keywords


Berpikir Logis, Hasil Belajar Matematika Siswa

Full Text:

PDF PDF

References


Andriawan, B. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas Viii-1 Smp Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Fitriana, I. A. (2015). PENGARUH EFIKASI DIRI, AKTIVITAS, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP. Journal of EST, 1(2), 86 101.

Fitriyah, I. K. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 7(1), 1-14.

Nimatus. (2011). Kemampuan Berpikir Logis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 12 Surabaya. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Unesa.

Saragih, Sahat. (2006). Menumbuhkembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal pendidikan dan kebudayaan Departemen Pendidikan Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan.

Siswono, Eko. (2008). Model Pembelajaran Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.




DOI: https://doi.org/10.37598/jippma.v2i2.1520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Pendidikan Matematika
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Jalan Muhammadiyah No 91, Batoh Lueng Bata, Banda Aceh 23245