THE IMPLEMENTATION OF THE RECIPROCAL TEACHING LEARNING MODEL TO IMPROVE MATHEMATICS CREATIVE THINKING ABILITY OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Areg, A., Marsitin, R., & Suwanti, V. (2019). Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(4), 32-45
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2004). Kurikulum Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdikbud.
Hamidah, Z. (2017). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Maarif Udanawu Tahun Ajaran 2016/2017. Kediri: FKIP Kediri
Johnson. E. B. (2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.
Khairi, W. (2013). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kudus pada Materi Segitiga. UNNES: Semarang.
Mudyahardo, R. (2002). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo.
Mullis, I. V. S. (2018). TIMSS 2011 International Results IN Mathematics (online). Diakses pada tanggal 12 Desember 2018 dari situs http://timssandpirls.bc.edu.
Russefendi, dkk. (1992). Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Depdikbud.
Sabri, A. (2007). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.
Sumarsaid, R., Ibrahim, L., & Yani, M. (2020). Penerapan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(2), 128-143
Suriyani. (2017). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa di MTs Roudhotul Islamiyah Sisumut Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikana Matematika Sigam (JPMS), 3(1), 65-70
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Wardani & Rumiyati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP, Belajar PISA dan TIMSS. Jakarta: Bumi Aksara.
Yani, M. (2018). Efektivitas Distraktor pada Tes Pilihan Ganda untuk Mendeteksi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 125-138
Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan. (2016). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 42-58.
Zaeni, A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 8 Cirebon. IAIN Syekh Nurjati: Cirebon
DOI: https://doi.org/10.37598/jippma.v1i2,Desember.1233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prodi Pendidikan Matematika
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh
Jalan Muhammadiyah No 91, Batoh Lueng Bata, Banda Aceh 23245