ERROR ANALYSIS OF FIRST HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING ALGEBRA PROBLEMS

Nuri Rahmiaty, Nazariah Nazariah, Muhammad Yani

Abstract


Salah satu faktor penyebab tidak tercapainya tujuan pembelajaran matematika siswa adalah ditemukannya banyak kesalahan pada hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaiakan soal, kesalahan siswa dalam mengerjakan soal dapat menjadi salah satu petunjuk guru untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar di SMP Negeri 1 Simpang Tiga Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian terdiri tiga orang siswa yang diambil berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal operasi aljabar dan kemampuan komunikasinya. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dengan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat beberapa kesalahan siswa, seperti (1) kesalahan konsep, kesalahan siswa dalam memahami soal dan kesalahan siswa dalam membuat kalimat matematika, faktor penyebab kesalahan akibat siswa tidak paham dengan soal yang diberikan; (2) kesalahan prinsip, kesalahan siswa dalam mengoperasikan sifat-sifat yang ada pada operasi aljabar dan salah dalam menarik kesimpulan serta menentukan jawaban akhir, faktor penyebab kesalahan karena siswa asal tulis tanpa teliti dalam menarik kesimpulan serta menentukan jawaban akhir dan siswa kurang memahami sifat-sifat yang ada pada operasi aljabar; dan (3) kesalahan operasi, kesalahan yang dilakukan siswa dalam menggunakan operasi atau perhitungan, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian, faktor penyebab kesalahan karena siswa kurang teliti dan tidak paham dengan soal yang diberikan sehingga tidak membuat penyelesaian dengan baik.


Keywords


Analisis, Kesalahan Siswa, Masalah Aljabar.

Full Text:

PDF PDF

References


Ahmadi A, SupriyonoW. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2008.

Asikin, Model Pembelajaran Matematika. Semarang: Jurusan Matematika. 2003.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kurikulum SMP/MTs. Jakarta: Depdikbud. 2004.

Djamara S.B, Psikologi Belajar. Jakarta: Rincka Cipta. 2002.

Fitriani A.A, Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Materi operasi Aljabar di MTs Muhammadiyah 2 Gandusari trenggalek, 2016, Skripsi tidak diterbitkan.

Firdatun T, Analisi Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Assaadah Bunga Gresik Dalam Menyelessaikan Soal Cerita Sub-Materi Pokok Keliling dan Luas Lingkaran. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas MIPA : Universitas Negeri Surabaya. 2008.

Hudojo, Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan Matematika. Bandung : JICA. 2001.

Hakim H, Solechatun dan Istiqomah. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan. UNION : Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 No 1 Tahun 2020.

Kasliana, Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 3 Beutong dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika pada Pokok Bahasan Perbandingan, 2013, skripsi tidak diterbitkan.

Mulyadi, Riyadi, dan Sri Subanti. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newmans Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronika Pembelajaran Matematika Volume 3 Tahun 2015.

Moleong, L.J. Metodologi Penelitian Kualitatif; Cetakan ke 14. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. 2013.

Mulyadi, Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta : Nuha Litera. 2009.

Meoleong L, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2012.

Najiyah F, Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Logaritma di Kelas III A SLTP Nusantara Gresik. Skripsi : UNESA. 2000.

Nurhadi, Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarat: Grasindo. 2005.

Nasution. S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar Jakarta : Bumi Askara. 2000.

Rahmania L, Rahmawati A, Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel, Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 September 2016.

Rokhmawati D, Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pembagian Bersusun Pendek Kelas V Sdn 1 Mojosari. Skripsi : IAIN Sunan Ampel Surabaya. 2004.

Susilo M.J, Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta : PINUS. 2006.

Suparno P, Teori perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta : Kanisius. 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta. 2011.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : PT. Rincka Cipta. 2003.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Sinar Grafika. 2003.

Wilis D.R, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA UPI. 2001




DOI: https://doi.org/10.37598/jippma.v1i2,Desember.1127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Pendidikan Matematika
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh

Jalan Muhammadiyah No 91, Batoh Lueng Bata, Banda Aceh 23245