STRATEGI PEMASARAN RUMAH SAKIT TEUNGKU FAKINAH BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING

Muhamad Chalil, Yuslaidar Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap keunggulan bersaing pada Rumah Sakit Teungku Fakinah Banda Aceh.Penelitian ini merupakan penelitian satu waktu (one shoot study) yaitu penelitian yang datanya dikumpulkan sekaligus dapat berupa data dari subyek penelitian dalam satu periode waktu. Penelitian ini menggunakan desain surveydenganjenis penelitianpenelitiankausalyang bertujuan untuk meneliti hubungan sebab-akibat antara dua variabel atau lebih.Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 99 orang karyawan pada Rumah Sakit Teungku Fakinah Banda Aceh. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental non random sampling dimana responden diperoleh saat dilakukannya penelitian.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keunggulan bersaing (Y).

Keywords


Strategi pemasaran; Keunggulan bersaing; Rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmara, dkk, (2015). Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil Menengah Melalui Inovasi Dan Pemanfaatan Jaringan Sosial: Pembelajaran Dari Klaster Industri Softwaredi India.Jurnal. Pappiptek LIPI.

Daryanto, (2011), Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Sabun Mandi Lifebuoy (studi Di Alfamart Sukaluyu

Bandung Tahun 2014)." eProceedings of Management 2.2.

Islami, Zofpan Aditia. Hubungan kualitas produk dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian telur asin mr. Zo corporation di bandung. Diss. Universitas Widyatama, 2015.

Jogiyanto, Hartono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Edisi Ke-6. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Lestari,dkk, (2013),Strategi Peningkatan Daya Saing Tuna Olahan Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal. Manajemen IKM.

Kotler dalam Lupiyoadi (2014) "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor." Jurnal Pemasaran

Kompetitif1.2 (2018).Dave Chaffey dan PR Smith (2013:41)

Lupiyoadi dalam Atsatalada (2012:14)Nugraha, Okki Saepullah. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Proses Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Pada Caf Ngopi Doeloe (Survey pada Pelanggan Cabang ranggamalela no 6-7 bandung). Diss. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas, 2017.

Tjiptonodan Chandra (2012). "Tinjauan Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Pada Pt. Soka Cipta Niaga 2017." eProceedings of Applied Science 3.2 (2017).

Daryanto (2011)lingga, gustriyana. Efektifitas bauran pemasaran dalam meningkatkan omset penjualan pada rumah makan bungo palo palembang. Diss. Politeknik Negeri Sriwijaya, 2016.

Rambat Lupiyoadi (2013). Oktavia, Suci. pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pembelian konsumen pada perumahan giri mukti residence sumedang. diss. perpustakaan, 2017.

Porter yang dikutip oleh Solihin (2012). raraswasti, ayudya, s. t. sarjono, and me mm. usulan penentuan strategi generik dengan pendekatan perhitungan analisis value chain (studi kasus: pt karya mentari seraya, jakarta barat). diss. binus, 2015.

David, RFred. 2012. Strategic Management Concepts & Cases. Pearson Academic;14 thedition

Silvia, dkk, (2015). Analisis Strategi Peningkatan Daya Saing

Komoditas Kentang di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jurnal. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI).

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sarwono, Jonathan, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Graha Ilmu.

Srita Putri Suryani, dkk, (2013), Analisis implementasi strategi pemasaran pada Rumah Sakit Lancang Kuning Pekanbaru.JurnalUnri.

Umar, Husein. (2012). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit Rajawali.

Wibowo, dkk, (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal. Malang:




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v9i1.974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.