OPTIMALISASI FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN, DAN KINERJA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA

Abdul Majid, Uswatun Khasanah, Sri Andini Pramestya, Moch Alifuddin, Shopiah Yuliana, Sri Yaumi

Abstract


Perpustakaan adalah gudangnya informasi, dimana memegang peranan penting atas pengelolaan juga sistem informasi. Perpustakaan sekelas Universitas menjadi pemegang kunci peningkatkan output yang memiliki kualitas dan tentunya kompeten. Peranan lainnya yaitu sebagai wahana belajar sepanjang hayat, serta melayani segala kebutuhan menyeluruh tiap pemustaka. Pemberian layanan yang berkualitas akan memberikan kesan puas terhadap penggunanya. Pelayanan yang diberikan, tentunya wajib dikemas dengan apik sehingga pemustaka memiliki kesan tersendiri yang berdampak untuk jangka panjang. Tujuan dari peneliti yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan fasilitas, kualitas pelayanan dan kinerja pustakawan dalam memberi dampak terhadap minat baca mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi diambil dari seluruh mahasiswa yang pernah berkunjung ke perpustakaan UMLA dengan menggunakan accidental sampling jumlah diperoleh sebanyak 50 responden. Teknik analsis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas berpengaruh terhadap minat baca mahasiswa sementara kualitas pelayanan dan kinerja pustakawan tidak berpengaruh pada minat baca mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kinerja Pemustaka; Fasilitas Perpustakaan; Minat Baca.

Full Text:

PDF

References


Anjaswuri, F., Deya, S., 2021. Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Minat Dan Kebiasaan Membaca Siswa Di Sdn Gunung Batu 2 Kota. J. Pendidik. dan Pengajaran Guru Sekol. Dasar 4, 29–37. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3180

Darmanto, P., 2020. Manajemen perpustakaan, Cet 2. ed. Bumi Aksara, Jakarta.

Dongoran, F.R., Febriyana, M., 2022. The Effect of Library Facilities and Library Services on Reading Interests of Students In The University of Muhammadiyah Sumatra Utara. Proceeding Int. Conf. Lang. Lit. Cult. 1, 211.

Fiqriansyah, N., 2021. Pengaruh Manajemen Fasilitas Perpustakaan Dan Manajemen Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca Peserta Didik. Manag. Indones. J. Educ. Manag. 3, 11–26. https://doi.org/10.52627/managere.v3i1.88

Hasnawati, Arfan, H.H., Oktaviani, A.R., 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Baca Pengunjung Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Sidrap. Nobel Manag. Rev. 2.

Riswanto, D., 2021. Mendekatkan Perpustakaan Umum sebagai Tempat Rekreasi Keluarga [WWW Document]. Sumber: https://perpustakaan.kulonprogokab.go.id/detil/161/mendekatkan-perpustakaanumum-sebagai-tempat-rekreasi-keluarga.

Sopianti, M., Sarinah, Dahri, M., 2020. Pengaruh Kinerja Pegawai Perpustakaan Terhadap Minat Baca Mahasiswa Ekonomi STKIP YPM BANGKO. J. Ekon. dan Pendidik. 5, 20–26.

Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Ke 2. ed.

Sunadi, L., 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. J. Pendidik. Ekon. 1–19.

Torisa, I., Sekretari, U.A., Luhur, B., 2022. Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. J. Sekr. Adm. 4, 6666–6672.

Turnadi, 2018. Memaknai Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi. Media Pustak. 25, 69.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i1.2060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.