LINGKUNGAN TOKO SEBAGAI STIMULUS PEMBELIAN TIDAK TERENCANA (THE IMPACT OF STORE ENVIRONMENT ON IMPULSE BUYING BEHAVIOR)
Abstract
ABSTRAK
Persaingan dunia bisnis saat ini membuat pemilik usaha melakukan berbagai cara untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan jumlah penjualan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membuat suasana (atmosphere) toko yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon pelanggan terhadap lingkungan toko ditinjau dari faktor ambien, desain, dan sosial sebagai stimulus perilaku pembelian tidak terencana (Impulse buying). Terfokus pada pembeli pada toko Buccerry Galeri, Banda Aceh, penelitian ini mengambil sampel sebanyak 96 orang dan menggunakan analisis regresi sederhana pada program statistika SPSS versi 22.0 dalam menganalisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa lingkungan toko berpengaruh sebagai stimulus pembelian tidak terencana. Namun dalam analisis didapatkan bahwa hubungan antara lingkungan toko dan pembelian tidak terencana lemah.
Kata Kunci : Lingkungan toko, Pembelian tidak terencana, Banda Aceh
Abstract
Nowadays, competition in business makes business owners do much efforts in variety ways to attract customers and increase sales. One of the efforts is creating an attractive store environment. This study investigates variable of store environment (atmosphere) which viewed from ambient, design, and social factor as stimuli of impulse buying behavior on 96 customers in Buccerry Galeri, Banda Aceh. Using the linier regression analysis in SPSS version 22.0, the research found that store environment is a stimuli of Buccerry Galeri's consumers' impulse buying. However, the relationship between store environment and impulse buying is weak.
Keywords: Store environment, Impulse buying, Banda Aceh
Full Text:
PDFReferences
Kotler, Philips & Armstrong, Garry . (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta; Erlangga
Kotler, Philip & Keller, Kevin. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Margana, Charloan. A. (2014) Stimulus Lingkungan Toko Terhadap Perilaku Pembelian Tidak Terencana Yang Dimediasi Oleh Emosi Positif (Studi Kasus Pada Konsumen Hypermarket di Kota Denpasar). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia
Muruganantham, G. & Bhakat, R.S. (2013). A Review of Impulse Buying Behavior. International Journal of Marketing Studies, Vol.5, No.3. 149-160.
Rengganis, Renny. (2014). Pengaruh In-Store Stimuli Terhadap Pembelian Impulsif Pada Mor Store Jalan Sunda Bandung. Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom
Sabran, Bob. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sahertian, K. (2014). Pengaruh Stimulus Lingkungan Fisik Dan Lingkungan Sosial Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Hypermart Ambon City Center Passo Kota Ambon). ARTHAVIDYA, 16(1)
Utami, Christina Widya. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi dua, Jakarta: Salemba Empat
Widiyanto, Ibnu. (2008). Pointers : Metodologi Penelitian. Semarang: BP Undip
Wusko, A. U. (2014). PENGARUH STORE ENVIRONMENT TERHADAP IMPULSE BUYING (Survei Pada Pembeli di SERBU MART SUKOREJO). SKETSA BISNIS, 1(2).
Yudatama, A. Saryadi dan Susanto, H. (2012). Pengaruh Store Image, Store Atmospherics, Store Theatrics dan Social Factor Terhadap Pembelian Tidak Terencana. Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis.
DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v6i1.504
Refbacks
- There are currently no refbacks.