PENGARUH KOMPETENSI, PELATIHAN DAN FASILITAS TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA TEUNGKU PADA LEMBAGA DAYAH DI KABUPATEN BIREUEN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) mengetahui kondisi deskriptif kompetensi, pelatihan, fasilitas, motivasi dan kinerja Teungku dayah (2) pengaruh kompetensi terhadap motivasi kerja Teungku Dayah, (3) pengaruh pelatihan terhadap motivasi kerja Teungku Dayah (4) pengaruh fasilitas terhadap motivasi kerja Teungku Dayah (5) pengaruh kompetensi terhadap kinerja Teungku Dayah, (6) pengaruh pelatihan terhadap kinerja Teungku Dayah (7) pengaruh fasilitas terhadap kinerja Teungku Dayah dan (8) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja teungku dayah, dan (9) pengaruh tidak langsung kompetensi, pelatihan, fasilitas terhadap kinerja teungku dayah melalui motivasi kerja teungku dayah di Kabupaten Bireuen. Penelitian ini dilakukan pada Dayah di Kabupaten Bireuen. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah kompetensi, pelatihan, fasilitas belajar, motivasi dan kinerja Teungku Dayah di Kabupaten Bireuen. Peralatan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model SEM dengan bantuan software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kompetensi, pelatihan, fasilitas, motivasi kerja dan kinerja Teungku Dayah sudah berjalan dengan baik, kompetensi berpengaruh terhadap motivasi kerja Teungku Dayah, pelatihan berpengaruh terhadap motivasi kerja Teungku Dayah, fasilitas berpengaruh terhadap motivasi kerja Teungku Dayah, kompetensi berpengaruh terhadap kinerja Teungku Dayah, pelatihan berpengaruh terhadap kinerja Teungku Dayah, fasilitas berpengaruh terhadap kinerja Teungku Dayah, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Teungku Dayah dan terdapat pengaruh kompetensi, pelatihan dan fasilitas terhadap kinerja Teungku Dayah melalui motivasi kerja
Kata kunci : Kompetensi, Pelatihan, Fasilitas, Motivasi Kerja dan Kinerja Teungku Dayah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v7i1.484
Refbacks
- There are currently no refbacks.