FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN EMAS (STUDI PADA MASYARAKAT DESA BATOH KECAMATAN LUENG BATA BANDA ACEH)
Abstract
Emas adalah harta atau aset kekayaan yang hampir semua masyarakat memilikinya, pembelian emas bukan hanya dilakukan oleh orang yang mempunyai banyak uang, tetapi emas juga dibeli oleh masyarakat umumnya sebagai perhiasan.
Penelitian ini bersifat empiris, dimana yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor perilaku konsumen dalam pembelian emas (studi pada masyarakat Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh).
Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Desa Batoh dan yang menjadi objek penelitian adalah masyarakat yang menggunakan emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh. Penarikan sampel dilakukan dengan metode “convinance” terhadap 90 responden yang sering menggunakan emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh.
Hasil penelitian dengan menggunakan uji Thitungternyata faktor budaya, faktor sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh., sementara faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh. Dengan menggunakan uji Fhitungmenunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis berpengaruh signifikan (positif) terhadap perilaku konsumen dalam pembelian emas di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh.
Keywords : Perilaku Konsumen, Pembelian. Emas
References
Budi Santosa, Ashari (2007), Analisis Statistik Dengan Microsof Excelldan SPSS, PenerbitAndi, Yogyakarta
Dornbush, Rudiger, Fisher, Stanlet (2005), Ekonomi Makro, Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta
Engel, S.F.R.D. Blackwell dan P.W. Miniard, (2007), Perilaku Konsumen, Bina rupa Aksara, Jakarta
Howard (2007), RisetPamasaran, PT. GramediaPustakaUtama, Jakarta
Kottler(2008), Manajemen Pemasaran, Edisi keSebelas, Jilid I, Indeks, Jakarta
Kottler, Philip (2006), Manajemen Pemasaran, Edisi keSebelas, Jilid I, Indeks, Jakarta
Kottlerdan Amstrong (2007), Manajemen Pemasaran, Edisike Sepuluh, Jilid I, Indeks, Jakarta
Machtaruddin, Siregar (2008), Ekonomi dan Manajemen Pengangkutan, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta
Malhotra(2007), Marketing Research, New Jersey, Prentice-hall.inc.
Malhotra, Naaresh K. (2005), Marketing Research, New Jersey, Prentice.
Munawir, Suparmoto (2006), Analisa Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Penerbit Liberty, Yokyakarta
Nurazizah (2007), Skripsi Perilaku Masyarakat dalam Pembelian Emas di Kotamadya, Banda Aceh
Prasetijo, Ristiyanti dan John Ihalauw, Perilaku Konsumen, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Setiadi, Nugroho (2005), Perilaku Konsumen, Penertbit Prenada Media, Jakarta
Stanton, Etzel, Walker (2006), Prinsip Pamasaran, Jilid II Edisi keTujuh, Erlangga, Jakarta
Umar (2005), Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Winardi (2007), Perilaku Konsumen. Jilid II Edisi keTujuh - Erlangga Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v2i2.345
Refbacks
- There are currently no refbacks.