PENGARUH WORK-LIFE BALANCE TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Muttaqin Nawatsaqfie Ma’arif, Amelia Amelia, Ikbal Ramzani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh work-life balance terhadap kinerja guru dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Work-life balance dianggap sebagai faktor penting dalam meningkatkan kinerja, khususnya di lingkungan pesantren yang memiliki beban kerja khas dan kompleks. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner dari 50 guru di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 8 Seulimeum, Aceh Besar. Analisis dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work-life balance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, serta secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Namun, kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dan tidak memediasi hubungan antara work-life balance dan kinerja guru. Temuan ini menekankan pentingnya pengelolaan keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi dalam konteks pendidikan pesantren untuk mendukung kinerja tenaga pendidik secara optimal.

Full Text:

PDF

References


Ali, A., & Ali, H. (2021). The role of job satisfaction in improving teacher performance: Evidence from Islamic schools. International Journal of Educational Management, 35(4), 812–825.

Ariansy, D., & Kurnia, F. (2022). Hubungan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai sektor pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 14–23.

Desier. (1998). Performance management in the education sector dalam Periyono, A. (2022). Evaluasi Kinerja Tenaga Pendidik. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Greenhaus, J. H., Collins, K. M., & Shaw, J. D. (2003). The relation between work-family balance and quality of life. Journal of Vocational Behavior, 63(3), 510–531.

Gupta, M., & Kumar, V. (2022). Work-life balance and employee performance: Evidence from Indian school teachers. Journal of Human Resource and Sustainability Studies, 10(3), 101–113.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2021). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Khadimah, N., Amelia, A., & Murni, M. (2024). The Influence of Leadership and Work Conflict on Employee Productivity at the Aceh Animal Health and Livestock Service. SMART: Management Journal, 5(1), 17-25.

Khan, M. A., Rehman, M. U., & Fatima, M. (2020). Work-life balance and job satisfaction: Empirical evidence from teachers in Pakistan. Education and Training, 62(7/8), 843–861.

Kurnia, F., Putri, S. A., & Ramadhan, A. (2017). Kepuasan kerja sebagai prediktor loyalitas karyawan. Jurnal Psikologi Kerja, 4(2), 45–53.

Mukhlison, M. (2021). Work-life balance dan dampaknya terhadap produktivitas kerja. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 55–63.

Nabilah, I., & Setiani, E. (2022). Pengaruh work-life balance terhadap produktivitas kerja guru. Jurnal Pendidikan dan Manajemen, 8(1), 34–42.

Ramadhan, A., Wijayanto, T. H., & Sari, D. (2024). Kepuasan kerja sebagai mediasi pengaruh work life balance terhadap kinerja pegawai. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 1–10.

Razi, F., Amelia, A., & Firdaus, S. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Registrasi Kependudukan Aceh. Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1), 11-16.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2016). Organizational Behavior (17th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Saputri, N., Nadiya, N., Amelia, A. (2023). Pengaruh Kinerja Dosen, Kualitas Pelayanan Akademik, dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(5), 2268-2277.

Sari, R., & Prasetyo, D. (2023). Pengaruh work life balance terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai mediasi. Jurnal Sumber Daya Manusia, 5(2), 21–30.

Siswati, L., Putra, Y. D., & Wahyuni, N. (2023). Tantangan work life balance dalam dunia pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 71–80.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 Cetakan 4 ed.). Bandung: Alfabeta.

Wijayanto, D., Kurniasih, H., & Zulfikar, A. (2022). Work life balance dan kepuasan kerja dalam meningkatkan kinerja pegawai. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 18(3), 112–120.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i2.2383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.