EKSPLORASI FAKTOR-FAKTOR PENENTU MINAT PENGGUNAAN INTERNET BANKING DI KABUPATEN LAMONGAN: STUDI KASUS DAN IMPLIKASI STRATEGIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan investigasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu menggunakan internet banking di Kabupaten Lamongan. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Lamongan yang telah menggunakan internet banking, Adapun teknik pengumpulan data melalui survei dengan menyebarkan kuesioner yang disusun berdasarkan penelitian terdahulu, dengan menetapkan 100 responden menggunakan teknik sampling stratifikasi. Menerapkan metode survei kuantitatif eksploratif, penelitian ini mengungkap bahwa persepsi kegunaan dan risiko signifikan mempengaruhi minat penggunaan internet banking. Sebaliknya, persepsi kemudahan, keamanan, dan kepercayaan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Model regresi linier berganda yang digunakan menjelaskan sebesar 43% variabilitas minat individu, menunjukkan tingkat penjelasan yang moderat. Hasil penelitian menyarankan peningkatan fitur kegunaan dan manajemen risiko pada layanan internet banking sebagai faktor kunci untuk meningkatkan minat pengguna. Edukasi pengguna diidentifikasi sebagai aspek penting lainnya, mengingat kurangnya pengaruh kemudahan, keamanan, dan kepercayaan dalam model yang diteliti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alalwan, A. A., Dwivedi, Y. K., Rana, N. P., & Algharabat, R. (2018). Examining factors influencing Jordanian customers’ intentions and adoption of internet banking: Extending UTAUT2 with risk. Journal of Retailing and Consumer Services, 40, 125–138. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2017.08.026
Alda, & Sari, W. (2023). Aspek Hukum Perlindungan Bagi Nasabah dalam Menghadapi Ancaman Cybercrime Penggunaan Internet Banking. JRP: Jurnal Relasi Publik, 1(4), 1–10.
Apsari, D. A. P., Meinarni, N. P. S., & Parwita, W. G. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Internet Banking Dan Perlindungan Data Nasabah Terhadap Cybercrime Di Kota Denpasar. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 142–149. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/1254
Asofta, W., Kurniati, R. R., & Krisdianto, D. (2022). Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking ( Pengguna Internet Banking Nasabah Bank Bri Unit Kerja-Bri Kcp Gentengkali Jalan Gentengbesar No 26 Kecamatan Genteng Kota Surabaya ). Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, 11(1), 123–130.
Budiyanto, A. (2023). Penerapan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Institut Bisnis Nusantara. Jurnal Esensi Infokom : Jurnal Esensi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 7(2), 98–102. https://doi.org/10.55886/infokom.v7i2.776
Chaniago, N., & Sari, R. R. (2023). Determinan Yang Mempengaruhi Nasabah Bank Syariah Indonesia Dalam Penggunaan Internet Banking. Ekonomi Digital, 1(2), 103–110. https://doi.org/10.55837/ed.v1i2.29
Chauhan, V., Yadav, R., & Choudhary, V. (2019). Analyzing the impact of consumer innovativeness and perceived risk in internet banking adoption. International Journal of Bank Marketing, 37(1), 323–339. https://doi.org/10.1108/IJBM-02-2018-0028
Desiyanti, H., & Agustiningsih, W. (2023). Penggunaan E-Wallet dengan Pendekatan TAM di Jakarta Barat. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 518. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.793
Fitria, A., Munawar, A., & Pratama, P. P. (2021). Pengaruh Penggunaan Internet Banking, Mobile Banking Dan SMS Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BNI. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.406
Heryani, I. I. P., Simanjuntak, M., & Maulana, A. (2020). Perilaku Penggunaan Internet Banking Sebagai Alat Transaksi Finansial. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 86–95. https://doi.org/10.17358/jabm.6.1.86
Imam Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Universitas Diponegoro.
Irawati, T., Rimawati, E., & Pramesti, N. A. (2020). Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses). Is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise This Is Link for OJS Us, 4(2), 106–120. https://doi.org/10.34010/aisthebest.v4i02.2257
jonathan Patrik, Lady. (2022). Faktor yang mempengaruhi untuk menggunakan mobile banking dari Internet Banking terhadap penggunaan konsumen perbankan di Indonesia. Journal of Management & Business, 5(1), 284. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1575
Khoir, M. M., & Soebiantoro, U. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Minat Penggunaan E-Wallet LinkAja di Kota Surabaya. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 752. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.619
Kusumawati, R. I., & Rikumahu, B. (2019). Penggunaan Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Analisis Niat Perilaku Penggunaan Internet Banking Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Jurnal Mitra Manajemen, 3(2), 215–229. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i2.203
Mufti, R., & Suripto, T. (2020). Analisa Minat Mahasiswa Terhadap Penggunaan Layanan Internet Banking Bank BNI Syariah. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 10(1), 55. https://doi.org/10.21927/jesi.2020.10(1).55-61
Nizar, A. M., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Dompet Digital LinkAja. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 928. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.569
Patel, K. J., & Patel, H. J. (2018). Adoption of internet banking services in Gujarat. International Journal of Bank Marketing, 36(1), 147–169. https://doi.org/10.1108/IJBM-08-2016-0104
Putri, D. L., & Fithrie, S. (2019). Pengaruh Risiko, Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepercayaan Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking di Pekanbaru (Studi Kasus pada Nasabah Bank Mandiri). Ikraith Ekonomika, 2(2), 21–28.
Rahi, S., Othman Mansour, M. M., Alghizzawi, M., & Alnaser, F. M. (2019). Integration of UTAUT model in internet banking adoption context. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 411–435. https://doi.org/10.1108/JRIM-02-2018-0032
Rahmah, Y. N. (2018). Pengaruh Penggunaan Internet Banking Dan Perlindungan Nasabah Pengguna Fasilitas Internet Banking Terhadap Cyber Crime Di Daerah ‘Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(6), 579–588. https://proxsisgroup.com/articles/waspadailah-hantaman-serangan-cyber-terhadap-
Santoso, S. (2017). Menguasai Statistik Dengan SPSS 24. Elex Media Komputindo.
Sharma, R., Singh, G., & Sharma, S. (2020). Modelling internet banking adoption in Fiji: A developing country perspective. International Journal of Information Management, 53(March), 102116. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102116
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (1st ed.). ALFABETA.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:202103342
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. 832. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:202103342
Syahputra, R., & Suparno, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Internet Banking Dan Mobile Banking Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2016-2020). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 7(3), 379–388. https://doi.org/10.24815/jimeka.v7i3.21114
Syahri, A., & Yanita Setyawati, C. (2023). Pengaruh Perceived Ease Of Use Terhadap Intention To Use Qris Bca Mobile Dengan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 21(2), 143–151. https://doi.org/10.32524/jkb.v21i2.949
Verdina, N. (2021). Analisis Pengaruh Persepsi Nasabah Terhadap Penggunaan Internet Banking Nuning. Jurnal Ilmiah Maksitek, 6(3), 56–67.
Wijanarto, A. L., & Wardani, D. (2022). Peran Penggunaan Internet Banking terhadap Kepuasan Nasabah Bank BCA (Studi pada Nasabah Pengguna Fasilitas M-BCA di Kota Depok). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 6(1), 1. https://doi.org/10.35384/jemp.v6i1.228
DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i2.2233
Refbacks
- There are currently no refbacks.