PENGARUH KERAGAMAN MINUMAN, ATMOSPHERE CAFE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN JAGARAGA CAFÉ REMPAH BANDA ACEH

Erlinda Erlinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas minuman dan atmosfir kafe terhadap loyalitas pelanggan Jagaraga Café Rempah Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan Jagaraga Café Rempah yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel penelitian 96 responden diambil secara convenience sampling pada masyarakat kota Banda Aceh, yang minimal pernah dua kali membeli minuman di kafe ini. Metode pengolahan data menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas minuman dan atmosfir toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Jagaraga Café Rempah. Kualitas minuman memberikan pengaruh lebih besar daripada atmosfir toko terhadap loyalitas pelanggan Jagaraga Café Rempah Banda Aceh.

Keywords


Kualitas Minuman, Atmosfir Toko, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeth,

Berman, Barry, and Joel R Evans. 2012. Retail Management. 11th ed. New York: Willey.

Dinda, Kayani Putri Bestari, Yusuf Maulana Bahari, and Management Research. (2019). “The Influence of Store Atmosphere on Repurchase in Indonesia: Study on the Takigawa Cafe in the Sky.” Global Business and Management Research: An International Journal 11 (1): 75–80. https://www.proquest.com/ docview/ 2236129603/CF131C6594C6495EPQ/1?accountid=50673.

Griffin, Jill. (2017). Customer Loyalty, Edisi Revisi, Jakarta : Erlangga

Hair Jr. Joseph F, Black WC, Babin BJ, Anderson RE. (2013). Multivariate Data Analysis. Pearson, Global Edition.

Kotler dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Alih Bahasa Benyamin Molan. Penerbit PT. Indeks: Jakarta..

Levy dan Weitz. (2012). Retailing Management, Sixth Edition, McGraw-Hill

Oliver, Richard L. (2010). Consumer Brand Loyalty. Wiley International Encyclopedia of Marketing.

Pettigrew, Simone, Michelle I Jongenelis, Zenobia Talati, Liyuwork M Dana, Serge Hercberg, and Chantal Julia. (2023). Healthy versus Unhealthy Foods,” 1–5.

Richard (2019) Bisnis Restoran Cepat Saji Berpeluang Tumbuh 15% Tahun Ini, https://ekonomi.bisnis.com/read/20190211/12/887488/bisnis-restoran-cepat-saji-berpeluang-tumbuh-15-tahun-ini

Sugiyono., (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung

Sunyoto, Danang (2015). Perilaku Konsumen, CAPS (Center of Academy. Publishing Service), Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. (2017). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta : Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v13i1.1821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.