STRATEGI DAN MANAJEMEN INOVASI PADA UMKM DI KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS JDL PRODUCTION)

Indah Lailatus Sholehah, Irsay Amilia, Silfia Maya Sofi, Vicky F Sanjaya

Abstract


Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan perbaikan pada strategi pemasaran dan manajemen inovasi secara menyeluruh. Hal ini mencakup pengembangan dan penerapan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran, seperti memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, memanfaatkan berbagai saluran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan UMKM yang ada di Bandar Lampung serta memberikan gambaran cara pengelolaan bisnis UMKM. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara langsung kepada pelaku UMKM. Pendekatan terhadap penelitian ini  menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Hasil temuan penelitian ini adalah pengelolaan strategi dan manajemen inovasi yang baik bisa digunakan untuk meraih peningkatan penjualan dan daya saing.

Full Text:

PDF

References


Basalamah, R., & Erwaedy, A. (2021). MANAJEMEN INOVASI DALAM BISNIS (1st ed.). AE Publishing.

Eko Sasono, & Rahmi Y. (2014). Manajemen Inovasi Pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Stie Semarang, 6(3), 74–90.

Elwisam, & Lestari, R. (2019). Penerapan Strategi Pemasaran, Inovasi Produk Kreatif Dan Orientasi Pasar Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Umkm Tekat Tiga Dara. Jurnal Pengabdian Ibnu Sina, 4(2), 277–286. https://doi.org/10.36352/j-pis.v2i1.510

Fajar, F., Rahmawany Pulungan, D., Utami, E. Y., Ladjin, N., Meidiyantoro, K., Tinggi, S., & Bagasasi, I. A. (2024). Peran Manajemen Inovasi dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(9), 4418.

Gustami, A. R., Nandang, & Yusuf, I. (2023). Inovasi Produk Pada Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus: UMKM Tas Brand X). Management Studies and …, 4(6), 9162–9170. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/3711%0Ahttps://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/download/3711/2065

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 13(1). https://doi.org/10.9744/jmk.13.1.8-16

Prasetyorini, J., & Fauziyyah, H. B. (2024). STRATEGI BISNIS PEMASARAN (J. Prasetyorini (ed.); 1st ed.). Scopindo Media Pustaka.

Sahir, syafrida H. (2022). Metode Penelitian. PENERBIT KBM INDONESIA.

Sembiring, T. B., Irmawati, Sabir, M., & Tjahyadi, I. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian (Teori dan Praktik). CV Saba Jaya Publisher.

Sunarjo, W. A. (2024). MANAJEMEN INOVASI (1st ed.). PT. Nasya Expanding Management.

Wijaya, R. A., Qurratu’aini, N. I., & Paramastri, B. (2019). Pentingnya Pengelolaan Inovasi dalam Era Persaingan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 217–227. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JMBI/article/view/2922

Yatminiwati, M. (2019). MANAJEMEN STRATEGI. In Widya Gama Press (1st ed.). Widya Gama Press




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i2.2293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.