PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EMINA DI KOTA BANDA ACEH

Mirza Murni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga produk terhadap keputusan pembelian pada produk Emina di kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan Teknik accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 konsumen yang sudah menggunakan produk Emina di kota Banda Aceh dan bersedia menjadi responden. Metode analisis yang diterapkan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Emina di kota Banda Aceh. Harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Emina di kota Banda Aceh. Promosi dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Emina di kota Banda Aceh. Peningkatan keputusan pembelian ditentukann oleh promosi dan harga. Semakin bagus promosinya dan semakin realistis harganya maka seakin besar peluang bagi produk Emina di kota Banda Aceh dalam meningkatkan keputusan pembeliannya

Keywords


Promosi; Harga Produk; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ade Candra Gunawan. 2019. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline di Kota Padang.

Adisaputro, Gunawan dan Marwan Asri. 2003. Anggaran Perusahaan I (Edisi III). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Afifi, M. F., & Wahyuni, D. U. 2019. Pengaruh Store Atmosphere dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(3), 118.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Basu, Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Danang Sunyoto. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service (CAPS).

Daryanto, 2011. Manajemen Pemasaran : Sari Kuliah (Cetakan I). Satu Nusa, Bandung.

David, Wijaya. 2017. Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya. Jakarta: PT. Grasindo.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.

Kotler dan Gary Amstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. (Jilid 1 Edisi Kesembilan). Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Indonesia Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, (15th Edition), Pearson Education, Inc.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran (Edisi 12 Jilid 1 & 2). Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Pratiwi & Khuzaini. 2017. Pengaruh Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian sepatu 2Beat.

Priyatno, Duwi. 2016. Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahnnya Dengan SPSS Praktis dan Mudah Dipahami untuk Tinkat Pemula dan Menengah. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Zaini, A. Baihakki. 2013. Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullahjakarta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v12i2.1601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.