PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN ACEH

HUSNAINA MAILISA SAFITRI, Novia Maghfirah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja Pegawai pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan rumus slovin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 59 pegawai yang ada pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh dan bersedia menjadi responden. Metode analisis yang diterapkan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan kerja secara parsial berpengaruh terhadap terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh. Motivasi kerja secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh. Kemampuan kerja, dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh. Adapun hasil pengujian korelasi ganda (R) diperoleh angka R sebesar 0,891. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang sangat kuat antara kemampuan kerja (X1), dan motivasi kerja (X2) dengan kinerja pegawai (Y). Peningkatan kinerja pegawai di tentukan oleh kemampuan kerja, dan motivasi kerja. Semakin meningkatnya kemampuan pegawai dan semakin termotivasi pegawai pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh maka semakin besar peluang Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh untuk meningkatkan kinerja pegawainya

Keywords


Kemampuan Kerja; Motivasi Kerja; Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Afandi,P (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator).Riau: Zanafa Publishing.

Ardyawin, I. (2017). Kompotensi Arsiparis Dalam Pengelolaan Kearsipan Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. JIPI (Jurnal ilmu perpustakaan Dan Informasi), 2(1),33-45

Arif, M. (2019). The Effect of Managerial Competencies, Compesation and Career Planning Toward Employee Perfomance Through Job Satisfaction at PT. Bank BTPN Tbk Mikro Banking Division (MUR) Pekanbaru Branch. Journal of management info, 6(1), 17-21

Chasanah, I., & Rustiana, A. (2017). Pengaruh Kemampuan Kerja, Fasilitas Kerja, dan Prinsip Prosedur Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Se Kabupaten Batang. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 433-446.

Dharma, Surya. 2018. manajemenkinerja : falsafahTeoridanpenerapannya.

Dillah, F .F. (2017). Pengaruh Motivasi kerja dan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Pegawai studi Kasus pada kantor kelurahan Lingkup Kecamatan Mandonga Kota Kendari. Skripsi jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisni Universitas Halu Oleo Kendari.

Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Syariah Mandiri.

Dwiarti,R.,&Wibowo, A. B.(2018). Analisis Pengaruh Tingkat Pendidikan, Fandefi, H.(2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungann Wisatawan di Kota Banda Aceh.JOURNAL OF ECONOMIC SCIENCE (JECS), 6(2), 89-99.

George, J. M. & Jones, G (2005). Understanding and managing organizational behavior. New Jersey: Upper Saddle River.

Ghozali, I. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(1).

Ghozali, Imam. (2019). AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program Semarang:BadanPenerbitUniversitasDiponegoro.SPSS.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program

Gunanjar, M. S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Pegawai Kantor Camat Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar (Doctoral dissertation).

Handoko, (2013). Manjemen personalia dan sumber daya manusia Yogyakarta: BPEF

Hasibuan, M. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Herzberg, F.M (2011) One time Move : How You Motivate Employee, Havard Business Review,46 (1)

IBM SPSS 23 (Edisi 8).Cetakanke VIII.Semarang :BadanPenerbit Kadarisman, M. (2016). Manajemen Kompensasi. Depok: Rajagrafindo Persada

Kadarisman, M. (2016). Manajemen kompensasi. Depok : Rajagrafindo persada

Laan, R. (2019). Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kelurahan Di Kecamatan Maulafa Dengan Lingkungan Kerja Dan Efikasi Diri Sebagai Variabel Moderator.

Malka, A. E. I., Mus, A. R., & Lamo, M. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 3(1), 73-89.

Nafsi,N., Iska, S.Nofrivul, N., & Antoni, A.(2019). Financial Sustaina Billity In The Assessment Of The Financial Perfomance Of West Sumatra Sharia Financing Bank (Bprs). MENARA EKONOMI,5(1)

Riniwati,Harsuko (2016) Manajemen Sumber Daya Manusia : Aktivitas Utama dan pengembangn SDM. Malang: TIM Universitas Brawijaya Press

Robbins (2018) Pengaruh Motivasi Kompensasi uininsial dan gaya kemimpinan terhadap motivasi dan kinerja karyawan. Diponegoro.

Robbins, Stephen P. Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi, Edisi 12. Jakarta : Salemba Empat.

Sari, S. A., & Yuniningsih, T. (2015). Pengaruh Kemampuan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(1), 23-31.

Sedarmayanti.2017 Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung Refika Aditama

Sinambela, P. Lijan.2016. Kinerja Pegawai : Teori,pengukuran dan Implikasi, Yogyakarta Graha Ilmu.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharto & cahyono (2015:21). Penerapan sistem kompesansi terhadap kinerja pegawai. Bandung

Sunyoto, Danang (2015). Manajemen dan pengembangan Sumber Daya

Wahjosumidjo. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Zulfan, Z., & Maijati, M. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pendidikan Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (JEMSI), 4(2).




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v12i1.1589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.