KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN GRESIK PASCA PANDEMI COVID-19

Yuni Atikah Sari, Suwarno Suwarno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh digital marketing, literasi keuangan, dan akses permodalan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Gresik pasca Pandemi Covid-19.  Pemilihan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel digital marketing dan akses permodalan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Gresik, sementara itu literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Gresik.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A., Anggriani, R., & Bagus Faizal IS, R. (2021). Optimizing the Use of Digital Marketing for Increasing Sales Volume at MSMEs in Mataram, Indonesia. Trends Journal of Sciences Research, 1(2), 79–89. https://doi.org/10.31586/ujbm.2021.114

Adi, J. M., Zailani, A., & Wijiastuti, S. (2021). Analisis Tingkat Literasi Keuangan (Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kesadaran Keuangan)Terhadap Kinerja Usaha Kecil(Studi Kasus Di Kalurahan Sumberejo Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri). Jurnal Widya Ganecwara, 11(1), 1–10.

Apriyanto, G. (2021). Pengaruh Financial Capital , dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ) di Kota Malang. 7(1), 31–38.

Chin, W. W. (1998). Commentary: Issues and opinion on structural equation modeling. In MIS quarterly (pp. vii–xvi). JSTOR.

Chinakidzwa, M., & Phiri, M. (2020). Impact of digital marketing capabilities on market performance of small to medium enterprise agro-processors in Harare, Zimbabwe. Business: Theory and Practice, 21(2), 746–757. https://doi.org/10.3846/btp.2020.12149

Djakasaputra, A., Wijaya, O. Y. A., Utama, A. S., Yohana, C., Romadhoni, B., & Fahlevi, M. (2021). Empirical study of indonesian SMEs sales performance in digital era: The role of quality service and digital marketing. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 303–310. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.6.003

Edim Eka James, Etim, Glory Sunday, Arikpo Nneoyi Nnana, & Okeowo, Victor Olusegun. (2021). E-marketing Strategies and Performance of Small and Medium-sized Enterprises: A New-normal Agenda. Journal of Business and Management Studies, 3(2), 162–172. https://doi.org/10.32996/jbms.2021.3.2.17

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16, 32–41.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2017). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Kencana.

Istanti, E. (2019). Pengaruh Harga, Promosi Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Burger King Kawasan Surabaya Plaza Surabaya. Ekonomika’45, 7(1), 16–22.

Kawira, K. D., Mukulu, E., & Odhiambo, R. (2019). Effect of Digital Marketing on the Performance of MSMES in Kenya Kimathi Doreen Kawira , Prof . Elegwa Mukulu & Prof . Romanus Odhiambo ISSN : 2617-359X Effect of Digital Marketing on the Performance of MSMES in Kenya. Journal of Marketing &Communication, 2(1), 1–23.

Kunci, K. (2020). : UMKM, Tatakelola keuangan; Akses terhadap modal kerja; Meningkatkan dan pengembangan nilai ekonomi usaha. 1, 24–34.

Kusumadewi, R. N. (2017). Pengaruh Locus of Control Dan Financial Literacy Terhadap Kinerja UKM Pada Pelaku UKM Desa Rawa Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 7(1).

Lestari, P. A. (2020). Pengaruh Sistem Informasi dan Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mahardika, E. R. (2020). Artikel Jurnal dengan judul : ANALISIS TINGKAT LITERASI KEUANGAN , AKSES PERMODALAN SIDOARJO ( STUDI KASUS : KAMPOENG BATIK JETIS ) Yang disusun oleh : Nama NIM Fakultas Jurusan Eldian Rizcho Mahardika Ekonomi dan Bisnis S1 Ilmu Ekonomi Bahwa artikel Jurn. April 2020.

Masdupi, E., Si, M., Ph, D., Rasyid, R., Sc, M., Manajemen, P., Padang, U. N., Manajemen, P., & Padang, U. N. (n.d.). Pengelolaan Keuangan dan Akses Permodalan Sebagai Solusi Dalam Pengembangan Usaha Kecil Sulaman di Nagari Panampuang Kabupaten Agam Sumatera Barat. 50–57.

Nasri, A. F. D. (2020). Pengaruh Penerapan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. 24. htttp://repository.iainbengkulu.ac.id/4704/1/SKRIPSI al- fadlilah pdf .pdf

Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. 1–9.

Nugraha Sugita, I. K. D., & Seri Ekayani, N. N. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan dan Akses Permodalan Terhadap Keberlanjutan UMKM Pada Bidang Fashion Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 8(1), 118–126. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v8i1.845

Oktarini, D. P., Susyanti, J., & Nurhidayah. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Akses Permodalan dan Penggunaan Fintech terhadap Kinerja UMKM di Kota Batu pada Masa Pandemi Covid-19. E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 72–83.

Oktaviani, F. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. 3(1), 1–20.

RI, M. K. (2019). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 8(5), 55.

Siswadhi, F. (2016). Analisa pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan badan pertanahan nasional kabupaten kerinci terhadap kepuasan masyarakat. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 1(3), 177–183.

Siswanti, T. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 5(2).

Suardana, K. A. (2020). Pengaruh literasi keuangan, akses permodalan dan minat menggunakan e-commerce terhadap kinerja umkm di kecamatan buleleng. UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

Teece, D. J. (2007). EXPLICATING DYNAMIC CAPABILITIES : THE NATURE AND MICROFOUNDATIONS OF ( SUSTAINABLE ) ENTERPRISE PERFORMANCE. 1350(June), 1319–1350. https://doi.org/10.1002/smj

Teece, D. J., Pisano, G., & Shuen, A. (2009). Dynamic capabilities and strategic management. Knowledge and Strategy, 18(April 1991), 77–116. https://doi.org/10.1093/0199248540.003.0013

Ul’fah Hernaeny, M. P. (2021). POPULASI DAN SAMPEL. Pengantar Statistika 1, 33.

Utami, R. A. A., & Marzuko, A. (2021). Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Bahan Tambah Pasir Dan Kapur Terhadap Nilai Cbr. Prosiding Kolokium JTS UII, 7(3), 103–112.

Wahyuni, S., Nugroho, W. S., Purwantini, A. H., & Khikmah, S. N. (2021). Pengaruh E-Commerce , Budaya Organisasi , Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dan Literasi Keuangan terhadap Kinerja UMKM di Kota Magelang. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, September, 287–300.

Wibawa, H. W., Ali, H. M., & Paryanti, A. B. (2021). A Analisis faktor faktor yang mempengaruhi pendapatan UMKM. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(3), 650. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i3.483

Wulandari, R. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Pada Umkm Provinsi Dki Jakarta). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uin Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v14i1.2096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.