PENGARUH LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PASAR JATIMULYO (STUDI PADA KONSUMEN DI PASAR JATIMULYO, KECAMATAN JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN)

Fitra Akbar Lianto, Husni Ainurridho, Kristina Esmeralda, Vicky F Sanjaya

Abstract


Menentukan lokasi untuk setiap bisnis merupakan suatu tugas penting bagi pemasar, karena keputusan yang salah dapat mengakibatkan kegagalan sebelum bisnis dimulai. Memilih lokasi bisnis merupakan keputusan penting untuk membujuk pelanggan agar datang ke lokasi bisnis dalampemenuhan kebutuhannya. Pasar adalah sarana bertemunya penjual dan pembeli secara langsung maupun tidak sehingga terjadi interaksi untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah barang atau jasa yang diperjualbelikan. Ketika mendengar kata pasar mungkin kamu akan teringat pada banyaknya barang kebutuhan pokok yang diperjualbelikan, namun pasar juga menjadi tempat lalu lalang kendaraan, sehingga menyebabkan kemacetan apalagi pada saat jam pulang kerja. Kurang nya lahan parkir yang memadai itu juga penyebab kemacetan ini. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi yang ada di pasar jatimulyo terhadap kepuasan konsumen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dan wawancara langsung kepada 69 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Uji yang dilakukan adalah uji validitas,reliabilitas,hipotesis menggunakan alat analisis SmartPls4. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel lokasi (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) di pasar jatimulyo.

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Admin. (2018). Variabel Penelitian (Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contoh). Variabel Penelitian.

Alfian, D., & Noersanti, L. (2020). The Effect of Price, Service Quality and Location on Customer Satisfaction and CustomerLoyalty (Case Study at Pasar Jaya Klender SS). Indonesian College of Economics, 1–28.

Anwar, H. (2014). Populasi dan Sampel: Pengertian Populasi Adalah? Statistikaan.Com.

Ardhana, O. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Caesar Semarang). Skripsi Ekonomi S1 Universitas Diponegoro, 31.

Ayirezang, F. (2015). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 2015, 1–239.

Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.

Fadhilah, M., Cahya, A. D., & T, C. M. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen dengan word of mouth sebagai variabel moderasi. Forum Ekonomi, 3(3), 607–617. https://doi.org/10.29264/jfor.v24i3.11336

Fajri, D. L. (2022). Kuesioner Adalah Metode Pengumpulan Data, Berikut Jenis dan Contohnya - Nasional Katadata.co.id. Kata Data.

Herman, S., Studi, P., Mesin, T., Mesin, J. T., Teknik, F., Sriwijaya, U., Saputra, R. A., IRLANE MAIA DE OLIVEIRA, Rahmat, A. Y., Syahbanu, I., Rudiyansyah, R., Sri Aprilia and Nasrul Arahman, Aprilia, S., Rosnelly, C. M., Ramadhani, S., Novarina, L., Arahman, N., Aprilia, S., Maimun, T., … Jihannisa, R. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Jurusan Teknik Kimia USU, 3(1), 18–23.

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko.We.Cok Di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1. https://doi.org/10.29103/j-mind.v6i1.4870

Prasetya, A., & Lelawati, N. (2022). Analisis Pengaruh Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Mulia Motor. Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 2(4), 999–1009. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i4.1398

Rahmi, A. (2015). Mekanisme Pasar dalam Islam. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(2), 177. https://doi.org/10.26418/jebik.v4i2.12481

Rofflin, Eddy ; Liberty, I. P. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran- Google Buku. In Penerbit NEM.

Safrudin. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Kolam Renang Tirtojoyo Ponorogo.

Tenriala, S. (2018). Pengaruh Lokasi, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Wong Solo Cabang Makassar. Universitass Muhammadiyah Makassar, 13(April), 37.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v13i2.1870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.