PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO DI KALANGAN PELAJAR SMA NEGERI 2 BANDA ACEH

Zuraidah Zuraidah, Nara Pristiwa, Dathin Nabilla Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement dan viral marketing terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO di kalangan pelajar SMA Negeri 2 Banda Aceh. Objek penelitian adalah pelajar SMA Negeri 2 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 793 pelajar. Sampel penelitian sebanyak 96 responden dengan menggunakan rumus purba dan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Rumus regresi yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan celebrity endorsement dan viral marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO di kalangan pelajar SMA Negeri 2 Banda Aceh dan secara parsial setiap variabel berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO di kalangan pelajar SMA Negeri 2 Banda Aceh, celebrity endorsement (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO di kalangan pelajar SMA Negeri 2 Banda Aceh, viral marketing (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone OPPO di kalangan pelajar SMA Negeri 2 Banda Aceh

Keywords


keputusan pembelian; celebrity endorsement; viral marketing

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Belch, G.E & Belch, M.A. (2015). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective Tenth Edition. Boston: McGraw/Hill-Irwin.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Glennardo, Y. (2018). "Viral Marketing Sebagai Media Pemasaran Sosial Dalam Mendongkrak Kesadaran Masyarakat Untuk Berperan Aktif Dan Bergabung Dengan Organisasi Non Profit/Niarlaba.". Journal of Management Studies. Vol. 10.

Kharis, I. F., & Indriani, F. (2011). Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online (Studi Kasus di Lingkungan Universitas Diponegoro Semarang). Doctoral Dissertation. Universitas Diponegoro. Semarang.

Kotler, P. & Amstrong G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2013). Manajemen Pemasaran Edisi ke 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nggilu, M., Tumbel, A., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Nurlaela, T. S. (2013). Efektivitas Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian PT. ABC. Skripsi. Fakultas Bisnis dan Manjemen Universitas Widyatama. Bandung.

Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. (2011). Consumer Behavior 10th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Selular Id. (2019). Canalys: Top 5 Vendors Smartphone Di

Indonesia 2019. https://selular.id/2019/08/5-vendor-terbaik-di-indonesia/. Diakses 20 September 2019

Tentang OPPO. Sejarah Perusahaan Handphone OPPO. http://tentang-oppo.blogspot.com/p/sejarah.html. Diakses 07 Juli 2019.

Wulandari, N. M. R., & Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo di Kota Denpasar. E-Jurnal Managemen




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v10i2.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.