PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 2 MATERI HUKUM MAWARIS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

Nurlidar Nurlidar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar pelajaran agama Islam siswa kelas XII MIPA.2 SMA Negeri 8 Banda Aceh pada materi hukum mawaris dan efektifitas penggunaan model pembelajaran tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar serta keaktifan belajar siswa kelas XII MIPA.2 pada materi hukum mawaris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes yang selanjutnya dianalisis melalui tahap reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun kriteria keberhasilan tindakan dianggap berhasil jika hasil tes akhir setiap tindakan minimal 80% siswa mendapat nilai ≥ 75 dan proses pembelajaran telah diperoleh ≥ 80%, jika kedua hal belum tercapai maka kegiatan pembelajaran dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes awal dengan persentase nilai 38% atau sebanyak 11 siswa tuntas dan pada hasil tes siklus-I mengalami kenaikan menjadi 55%, yaitu 16 siswa tuntas. Sedangkan hasil tes pada siklus-II meningkat menjadi 86,2% yaitu sebanyak 25 siswa tuntas. Sedangkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw juga terjadi peningkatan dari setiap siklus, di mana pada siklus-I aktivitas guru 64,28% (kurang) dan aktivitas siswa 75% (baik), selanjutnya pada siklus-II aktivitas guru 87,5% (baik) dan aktivitas siswa 85,7% (baik). Akibatnya terdapat peningkatan hasil belajar pelajaran agama Islam siswa kelas XII MIPA.2 SMA Negeri 8 Banda Aceh pada materi hukum mawaris melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw.

Keywords


Hukum Mawaris, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti, Model Pembelajaran Jigsaw

Full Text:

PDF

References


Aksin, N., Waliyansyah, R. R., & Saputro, N. D. (2020). Sistem Pakar Pembagian Harta Waris Menurut Hukum Islam. Walisongo Journal of Information Technology, 2(2), 115-124

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Gunawan, M. F., Masripah, & Nasrullah, Y. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII MTs Al-Musaddadiyah Garut). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 96-103.

Khoriah, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X TKR SMK Islamic Centre Cirebon. Jurnal Syntax Transformastion, 1(1), 1-5.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lubis, R. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 09(2), 199-209.

Sulistyo, A., Suyadi., & Wantini. (2021). Problematika Pembelajaran Ilmu Faraidh di Tingkat SLTA serta Alternatif Solusinya. Cahaya Pendidikan, 7(1), 25-36.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana

Yusliani, H. (2021). Urgensitas Pendidikan Prenatal Dalam Perspektif Islam. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 8(1), 18-40.

Zahrah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Beriman Kepada Hari Akhir di Kelas IX.1 SMP Negeri 1 Blangkejeren. Jurnal Serambi PTK, IX(1), 38-48.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v3i1,%20April.1807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.