STRATEGI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SDTQ NURUN NABI BANDA ACEH

Muhammad Zahidi, Hamdi Yusliani

Abstract


Pembelajaran akidah akhlak merupakan pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai keyakinan yang kuat kepada Allah swt serta mengajarkan siswa agar dapat mengenal dan mengimani Allah swt yang selanjutnya dapat merealisasikan dalam perilaku yang mulia dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat. Dengan adanya pembelajaran akidah akhlak, maka siswa khususnya anak usia sekolah dasar akan mampu membedakan nilai baik dan buruk dari sikap dan perbuatan dengan sesama manusia. Oleh karena itu harus dilakukan oleh pihak-pihak terkait, seperti orang tua, lembaga pendidikan, serta masyarakat secara kontinyu. Dalam hal ini dibutuhkan berbagai strategi pembelajaran yang menarik agar dapat meningkatkan minat anak dalam mempelajari bidang studi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan teknik penelitian lapangan (field research) dan pustaka (library research). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aqidah akhlak di SDTQ Nurun Nabi Banda Aceh dilakukan dengan peningkatan mutu pembelajaran aqidah akhlak, menyelenggarakan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler, membiasakan hidup disiplin di kalangan siswa, menerapkan program 8K (keamanan, kebersihan, keindahan, ketertiban, kerindangan, kekeluargaan, kesehatan dan keagamaan) dalam setiap rutinitas siswa, menggunakan metode uswah/keteladanan, menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode pembiasaan, metode kisah, metode arahan, bimbingan atau nasehat serta metode hukuman. Faktor terlaksananya yang mendukung pembelajaran aqidah akhlak, yaitu kemampuan intelektual siswa, semangat belajar siswa yang kuat, dukungan dari orangtua serta dukungan dari lingkungan pertemanan anak dengan siswa yang pintar dan rajin. Sementara faktor penghambat pelaksanaannya ialah kurangnya kepedulian siswa terhadap mata pelajaran yang disampaikan guru dan masih ada siswa yang malas belajar, dan sering terganggunya konsentrasi saat belajar.

Keywords


Strategi, Akidah Akhlak, Anak

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M, H. (2021). Abdullah, Studi Dasar Pemikiran Islam. Bogor: Pustaka Thariqul Izzah.

Ahmadi, A. & Salimi, N. (2010). Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Banna, H. Majmuatu ar-Rasail. Beirut: Muassasah ar-Risalah, tt.

Al-Zabalawi, S, A. (2007) Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa. Jakarta: Gema Insani.

Azty, A., dkk. (2018). Hubungan antara Aqidah dan Akhlak dalam Islam. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 1(2), 122-126.

Budiningsih. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depag R.I. (2004). Garis-Garis Besar Program Pengajaran MI. Jakarta

Hadiyyin, I. (2016). Kiat Sukses Merajut Pendidikan Ukhuwah Islamiyah di Indonesia, Banten: Ponpes Daar el-Azhar

Ilyas, Y. (2011). Kuliah Akhlaq, cet. XI. Yogyakarta: LPPI Lembaga pengkajian dan pengamalan Islam.

___________, (20110. Kuliah Aqidah Islam, Cet. XIV (Yogyakarta: LPPI (Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam

Ginanjar, M, H. & Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya dengan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor). Jurnal Edukasi Pendidikan Islam, 6(12), 122-129

Martan. (2020). Konsep Akhlak dan Metode Pembelajarannya Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 10(1).

Munawwir. (1997). Kamus Al-Munawwir, Cet. XIV. Surabaya: Pustaka Progressif.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia 2008 nomor. Standar Kompetensi dan Standar Isi.

Riyanto. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi Bagi Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Manhaj Ilmi Yayasan Islam Al-Huda. (2013). Tarbiyah Agama Islam Terpadu. Bogor: Marwah Indo Media,

Syafri, U, A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al Quran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v2i2,%20Oktober.1453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.