PENGELOLAAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DI SMPN 3 BANDAR DUA PIDIE JAYA

Cut Nya Dhin

Abstract


Penggunaan teknologi informasi menjadi tuntutan di Era digital terhadap profesionalisme guru. Guru memiliki kewajiban dan tuntutan dalam meningkatkan dan mengembangkan akademik dan kompetensi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun sampai sekarang masih ada guru yang belum menguasai teknologi sebagai media pembelajaran yang mempermudah proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan profesionalisme guru dalam penggunaan teknologi informasi, pelaksanaan profesionalisme guru dalam penggunaan teknologi informasi, dan kendala profesionalisme guru dalam penggunaan teknologi informasi di SMPN 3 Bandar Dua Pidie Jaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) membuat pelatihan di sekolah tentang teknologi informasi bagi guru yang belum menguasai teknologi informasi, seminar, workshop dan kegiatan lain yang mendukung dalam penggunaan teknologi informasi; 2) merekrut atau memilih guru-guru yang belum menguasai teknologi dengan baik guna mengikutsertakan mereka pada kegiatan yang dapat meningkatkan penggunaan teknologi informasi, selanjutnya melakukan monitoring dan supervisi, serta memberikan sertifikasi bagi guru yang sudah pantas menerima sertifikasi; 3) kendala pengelolaan profesionalisme guru dalam penggunaan teknologi informasi, yaitu keterbatasan guru dalam mengaplikasikan teknologi informasi dalam kegiatan belajar mengajar, kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan berbagai macam fasilitas teknologi, dan faktor usia juga berpengaruh pada kemampuan guru dan minat belajar guru tentang teknologi informasi.


Keywords


Pengelolaan Profesionalisme Guru, Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


Asmara, H . (2015). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Athurrahman. (2012). Strategi Belajar Mengajar (Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami). Bandung: Reika Aditama.

Barnawi & Arifin, M. (2014). Pengembangan Keprofesionalisme Berkelanjutan Bagi Guru. Yogyakarta: Arruzz Media.

Depdikbud. Pedoman Pengelolaan Gugus Sekolah. Jakarta :1995/1996 .

Diyah, Y. S. (2019). Pengelolaan Profesionalisme Guru. Jurnal Genta Mulia, 10(1), 72-86

Djamarah, S. F. (2010) . Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Ghoni, D. & Fauzzan, A. (2008). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Jamal, M. A,. (2010). Teknologi Informasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Social. Yogyakarta: Erlangga

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Machmudah, U. (2020). Profesionalisme Guru, Jurnal Pendidikan, 1(2), 98-112

Saekhan, M. T. (2008). Pembelajaran Konstekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wahjosumdjo. (2008). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v2i2,%20Oktober.1447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.