KARAKTERISTIK BELAJAR ANAK USIA PENDIDIKAN DASAR: PERKEMBANGAN INTELEK, SOSIAL DAN MORAL SPIRITUAL

Ema Wati, Istiqamahtul Masyithah

Abstract


Anak usia pendidikan dasar memiliki karakteristik belajar yang berbeda dari peserta didik dewasa, dikarenakan keunikan tersebut dibutuhkan perlakuan khusus untuk pengembangan potensi anak didik. Penelitian ini merupakan library research, di mana data dalam artikel ini diperoleh melalui analisa literature mengunakan content analysis technique. Data diperoleh melalui analisis beberapa artikel yang diperoleh melalui beberapa database, seperti google scholar dan proquest. Artikel yang diperoleh dari beberapa database, dikaji secara seksama dan menghasilkan beberapa kodifikasi, sehingga melahirkan beberapa informasi dan teori yang berhubungan dengan karakter belajar anak usia pendidikan dasar. Artikel ini menghasilkan beberapa isu yang berhubungan dengan perkembangan dan pertumbuhan potensi anak didik; karakter pendidikan dasar; dan karakter peserta didik pada sekolah dasar. Beberapa tahapan pembelajaran untuk anak usia pendidikan dasar dijelaskan dalam artikel ini, diantaranya tahapan pengembangan intelektual, pengembangan spiritual dan pengembangan kepekaan sosial. Semua tahapan tersebut harus dilewati, sehingga dapat menghasilkan anak didik yang tidak hanya memiliki kemampuan intelektual yang baik, namun juga kematangan spiritual dan kepekaan sosial.

Keywords


Karakteristik Belajar, Pendidikan Dasar, Anak Usia Dini, Perkembangan Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Amin, S. M. (2005). Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami. Jakarta: AMZAH

Daradjat, Z. (2014). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hasbullah. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Hayati, F. Neviyarni, Irdamurni (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai. V. 5 (1). 1809-1815

Himpunan PP 2010 (2011). Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, Bab III, Penyelenggaraan Pendidikan Formal, bagian Pendidikan Dasar. Yogyakarta: Pustaka Yustisia

Himpunan PP. (2011). Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.

Istarani. (2015). 10 Kompetensi Wajib Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Medan: LARISPA

Muhibbinsyah (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Ramin (2018). Karakteristik Pendidikan Karakter Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar. Tatar Pasundan Jurnal Diklat Keagamaan. V. 12 (32).

Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya

Willis, S. S. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v2i1,%20April.1308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.