EKSISTENSI DAYAH DI ACEH: PERAN DAN KIPRAHNYA DALAM MEMAJUKAN MASYARAKAT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah dan Khusairi, A. (2021). Pendidikan Dayah di Aceh dalam Bayang-Bayang Pandemi Covid-19. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan. Vol. 8, Nomor 1.
Amiruddin, H. M. (2003). Ulama Dayah Pengawal Agama Masyarakat Aceh. Lhokseumawe: Nadiya Foundation.
Daradjat, Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Agama RI, (1980/1981). Standarisasi Pondok Pesantren, Jakarta.
Dhofier, Z. (1986). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai, cet II, Jakarta: LP3ES.
Galba, S. (1995). Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi, Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, A. (2010). Aceh: Sejarah, Budaya, dan Tradisi, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Hamid, A. (1983). Sistem Pendidikan Madrasah dan Pesantren di Sulawesi Selatan, dalam Taufik Abdullah (ed), Agama dan Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Press.
Lismawani. (2020). Kontribusi Dayah Darul Ihsan dalam Pembinaan Pendidikan Keagamaan Masyarakat Darussalam Aceh Besar. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam. 2(1)
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS.
Qomar, M. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga
Saiful. (2020). Strategi Pendidikan Karakter pada Dayah Salafi di Aceh. Yogyakarta: Nuha Medika.
Saifullah. (2013). Kelebihan Pendidikan Berbasis Dayah, disampaikan pada khutbah Jumat di Mesjid Agung Bireuen.
Subakat, R. (2017). Peranan Dayah dan Meunasah di Aceh dalam Membentuk Masyarakat Religius. Jurnal As-Salam, 1 (3)
Sulthon, M. M. dan Khusnurdilo, M. (2005). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
Suyanta, S. (2012). Idealitas Kemandirian Dayah. Jurnal Islam Futura Pascasarjana UIN A-Raniry Banda Aceh.
Tafsir, A. (2001). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v1i2,%20Oktober.1198
Refbacks
- There are currently no refbacks.