EKSISTENSI DAYAH DI ACEH: PERAN DAN KIPRAHNYA DALAM MEMAJUKAN MASYARAKAT

Saiful Saiful

Abstract


Dayah sebagai pusat pendidikan agama memiliki peran penting dalam memajukan pendidikan masyarakat Aceh. Dayah telah banyak menghasilkan ulama-ilama yang terkenal dan berperan aktif dalam mendidik generasi muda taat menjalankan perintah Allah dan memiliki karakter yang luhur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran dan kiprah Dayah dalam memajukan pendidikan masyarakat Aceh. Penelitian ini menggunakan metode library research (kajian kepustakaan) dengan pendekatan historis yang mengkaji teori-teori tentang eksistensi dayah di Aceh. Adapun hasil penelitian yaitu peran dan kiprah dayah di Aceh meliputi: (a) Dayah sebagai pusat pendidikan agama Islam. Dayah sebagai pusat belajar agama masyarakat telah melahirkan ulama-ulama yang menjadi referensi dalam bidang pendidikan agama. (b) Dayah sebagai lembaga pendidikan bagi masyarakat. Ulama dayah menjadi figur dalam masyarakat dan peduli dengan lingkungan sosial masyarakat sekitarnya. (c) Dayah sebagai lembaga pembangunan masyarakat. Dayah berperan sebagai penggerak pembangunan dan perubahan pola pikir masyarakat Aceh.

Keywords


Dayah, Peran dan Kiprah, Pendidikan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Abidah dan Khusairi, A. (2021). Pendidikan Dayah di Aceh dalam Bayang-Bayang Pandemi Covid-19. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan. Vol. 8, Nomor 1.

Amiruddin, H. M. (2003). Ulama Dayah Pengawal Agama Masyarakat Aceh. Lhokseumawe: Nadiya Foundation.

Daradjat, Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI, (1980/1981). Standarisasi Pondok Pesantren, Jakarta.

Dhofier, Z. (1986). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai, cet II, Jakarta: LP3ES.

Galba, S. (1995). Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi, Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, A. (2010). Aceh: Sejarah, Budaya, dan Tradisi, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Hamid, A. (1983). Sistem Pendidikan Madrasah dan Pesantren di Sulawesi Selatan, dalam Taufik Abdullah (ed), Agama dan Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Press.

Lismawani. (2020). Kontribusi Dayah Darul Ihsan dalam Pembinaan Pendidikan Keagamaan Masyarakat Darussalam Aceh Besar. Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam. 2(1)

Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS.

Qomar, M. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga

Saiful. (2020). Strategi Pendidikan Karakter pada Dayah Salafi di Aceh. Yogyakarta: Nuha Medika.

Saifullah. (2013). Kelebihan Pendidikan Berbasis Dayah, disampaikan pada khutbah Jumat di Mesjid Agung Bireuen.

Subakat, R. (2017). Peranan Dayah dan Meunasah di Aceh dalam Membentuk Masyarakat Religius. Jurnal As-Salam, 1 (3)

Sulthon, M. M. dan Khusnurdilo, M. (2005). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Suyanta, S. (2012). Idealitas Kemandirian Dayah. Jurnal Islam Futura Pascasarjana UIN A-Raniry Banda Aceh.

Tafsir, A. (2001). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37598/al-fathanah.v1i2,%20Oktober.1198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.