MACAM-MACAM STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

Nurul Jeumpa

Abstract


Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pada dasarnya merupakan pemilihan dan penetapan srategi pembelajaran yang optimal guna mencapai perolehan belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam kaitan ini, strategi penyampaian pembelajaran yang tetap merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai asmaul husna, serta penciptaan suasana keteladanan dan pembiasaan dalam mengamalkan akhlak terpuji dan adab islami melalui pemberian contoh-contoh perilaku dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.Dengan demikian, materi pendidikan Aqidah Akhlak bukan hanya mengajarkan pengetahuan tentang agama, akan tetapi bagaimana membentuk kepribadian siswa agar memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat dan kehidupanya dihiasi dengan akhlak yang mulia dimanapun mereka berada. Oleh karena itu guru dalam hal ini guru PAI atau guru kelas dituntut untuk mengembangkan metode-metode pembelajaran yang dapat memperluas pemahaman peserta didik mengenai ajaran-ajaran agama, mendorong mereka untuk mengamalkannya dan sekaligus dapat membentuk akhlak dan kepribadiannya. Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Akidah adalah keyakinan/keimanan yang benar yang terealisasikan dalam perilaku ahlak mulia.Jadi secara etimologis strategi pembelajaran akidah akhlak adalah suatu metode yang sadar dan terencana dalam menyiapkan dan memberi pengalaman belajar peserta didik untuk mengenal, memahami, mengahayati dan mengimani Allah dan merealisasikannya dalam perilaku ahlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Macam Strategi, Pembelajaran, Akidah Akhlak

Full Text:

PDF

References


Ali, M.D. (2000). Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ali, M.D. (2002). Akidah Akhlak ,Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arif, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta:Ciputat Press.

Blogger - Evo, Strategi Pembelajaran dalam www.sarjanaku.com/ diakses Tanggal 17 Januari 2016

Daradjat, Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Darmasyah, (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor,Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. (1999). Al Quran dan Terjemahnya. Semarang: CV. Asy Syifa.

Departemen Agama RI. (2004). Pola Pembinaan Pendidikan Agama Islam Terpadu. Jakarta, Dirjen Kelembagaan Agama Islam.

Djamarah, S. B dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Echols, J dan Hassan Shadily, (2005). Kamus Inggris Indonesia. Cet. XXVI; Jakarta: Gramedia, 2005.

Daulay, P.D. ( 2014). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat, Jakarta: Kencana.

Hamruni, (2012). strategi pembelajaran, Yogyakarta:Insan Madani.

Hasan, Iqbal. (2004). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara.

Ilyas, Y. (2011), Kuliah Akhlaq, cet. XI , Yogyakarta: LPPI Lembaga pengkajian dan pengamalan Islam.

Kontjaningrat,(1991). Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, cet 11.

Mahjuddin, (2009). Akhlak Tasawuf, Jakarta: KalamMulia.

Mardalis, (2006). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mardianto, (2012). Psikologi Pendidikan , Medan: Perdana Publishing.

Margono, (2004). Metode Penelitian Pendidikan, Cet, IV, Jakarta: Rhineka Cipta,.

Margono, S. (2003). Metodologi Peneitian Pendidikan. Jakarta:PT Asdi Mahasatya.

Muawanah, (2011). Strategi Pembelajaran Cet 1 Kediri: Stain Kediri Press.

Nata, A. (2011). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Cet. II; Jakarta: Kencana.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007.

Rahmat, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Roada Karya.Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2010.Strategi Belajar Mengajar,Jakarta: Rineka Cipta.

Santoso, P. dkk, (2008). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD,Jakarta: Universitas Terbuka.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sjarkawi, (2011) Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral, Intelektual, Emosional dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, (2010). Metode penelitian kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sudjana, S. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algensindo

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, Jakarta: Prenadamedia Group.

., http://www.te knologipendi dikan .net.

Syaiful, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.

Tim Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 1991. Metodologi Pengajaran Agama, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Umar, H. (2005). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yatimin, Husni Thamrin. Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Pendekatan Sufistik Untuk Madrasah Tsanawiyah Propinsi Riau. Jurnal Ilmiah Keislaman, Vol. 16, No. 1, Januari -Juni, 2017.

Yunus, M. (1972). Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: PT Hidakarya Agung.

Zainuddin dkk, 1991.Seluk Beluk Pendidikan al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.37598/.v1i1,%20April.1038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.