SISTEM PENDIDIKAN DI MAHAD DAARUT TAHFIZH AL-IKHLAS ACEH BESAR

Mirjan Mirjan, Saiful Saiful, Ema Sulastri

Abstract


Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas merupakan lembaga pendidikan yang mendidik para santri mampu menghafal Al-Quran 30 Juz dan menguasai ilmu agama Islam secara mendalam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) sistem pembelajaran pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar; (2) upaya ustazh & guru dalam meningkatkan pembelajaran pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar; dan (3) faktor keberhasilan dan penghambat pelaksanaan pembelajaran pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar. Adapun hasil penelitian yaitu (a) Sistem pembelajaran pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar yaitu memadukan antara kurikulum pesantren dengan kurikulum Kemenag. (b) Upaya peningkatan pembelajaran pada Mahad Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar meliputi aspek kebijakan, kepemimpinan, fasilitas pendidikan dan pelaksanaan proses pembelajaran. (c) Faktor keberhasilan dan penghambat. Faktor keberhasilan yaitu jasmani-rohani, motivasi santri, kondisi lingkungan, dan kedisiplinan guru. Faktor penghambat yaitu santri lalai dan tidak istiqamah, santri banyak melakukan pelanggaran, kesehatan santri, lemahnya ingatan dan tidak konsisten dengan satu Mushaf, dan tidak fokus pada pelajaran tahfizh, kualitas guru, kemampuan ekonomi, dan pengaruh lingkungan.


Keywords


Sistem Pendidikan, Faktor Keberhasilan dan Penghambat

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Abdud Daim Al-Kahil, (2011). Hafal Al-Quran Tanpa Nyantri. Sukoharjo: Pustaka Arafah.

Abuddin Nata, (2002). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ahsin W. Al-Hafidz, (2008). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Quran. Jakarta: AMZAH.

Ahmad Salim Badwilan. (2009). Panduan Cepat Menghafal Al-Quran dan

Rahasia-Rahasia Keajaibannya, Yogyakarta; Diva Press.

Darwan Syah, dkk, (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Prees.

Fuad Ihsan. (2003). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakata: Rineka Cipta.

Hasbullah. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lexy. Moeleong, (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moenawar Chalil, tt. Kembali kepada Al-Quran dan As-Sunnah. Jakarta: Bulan Bintang.

Munjahid, (2007). Strategi Menghafal 10 Bulan Khatam: Kiat-Kiat Sukses Menghafal Al- Quran. Yogyakarta: Idea Press.

Martinis Yamin, (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press.

Muhibbin Syah, (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Margono. S (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Syaodih. (2011). Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Nur Uhbiyati, (1998). Ilmu Pendidkan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Umiarso dan Nur Zazin,( 2011). Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren, (Semarang: Perum Mijin Permai.

Uyoh Sadulloh, (2010). Pedagogik (Ilmu Menididik). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. (2006). Bandung: Citra Umbara.

Ridwan, Nasir, (2005). Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, PondokPesantren di engah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syaamil. (2010). Al-Quran Terjemah Tafsir Per Kata. Bandung: Sygma Publishing.

Sadulloh, (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Quran . Depok: GEMA INSANI,

Sutrisno, Hadi, (2004). Metodologi Research. Yokyakarta: Andi, Jilid 2




DOI: https://doi.org/10.37598/.v1i1,%20April.1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.