PENGARUH LAYANAN DIGITAL, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA APLIKASI BYOND BY BSI (STUDI PADA CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYACEH)

Nuria Sarah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan digital, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah pada penggunaan aplikasi Byond by BSI, dengan studi kasus pada Civitas Akademika Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh. Aplikasi Byond merupakan inovasi digital dari Bank Syariah Indonesia (BSI) yang menawarkan layanan perbankan syariah berbasis digital dengan fitur finansial, sosial, dan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 80 responden yang merupakan civitas akademika pengguna aplikasi Byond. Analisis data menggunakan SPSS, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan data di analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian adalah secara parsial variabel layanan digital berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan aplikasi Byond by BSI, secara parsial variabel kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan aplikasi Byond by BSI, secara parsial variabel kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan aplikasi Byond by BSI , dan secara simultan variabel layanan digital, kemudahan penggunaan, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan aplikasi Byond by BSI. Adapun nilai determinasi sebesar 0,801 hal ini menunjukan bahwa 80,1% variabel layanan digital, kemudahan penggunaan dan kepercayaan mampu menjelaskan variabel loyalitas nasabah dalam menggunakan aplikasi Byond by BSI.


Keywords


Layanan Digital, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Loyalitas Nasabah, Byond by BSI, Perbankan Syariah Digital

Full Text:

PDF

References


Buku:

Al Arif, M. N. R. (2021). Dasar-Dasar Pemasaran Jasa. Jakarta: Kencana.

Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (2019). Penerimaan pengguna terhadap teknologi komputer: Perbandingan dua model teoritis. New York: Pearson Education.

Fachri, M. (2021). Manajemen Pelayanan Digital: Inovasi, Strategi, dan Transformasi Teknologi. Jakarta: Kencana.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (Edisi ke-8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, J. (2018). Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep It. Jakarta: Erlangga.

Hadi, S. (2015). Sistem Informasi dan Teknologi dalam Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Harryono, A. (2017). Manajemen Loyalitas Nasabah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Jogiyanto, 2019. Sistem Informasi Keprilakuan, Yogyakarta: Andi

Junaedi, A. (2018). Loyalitas nasabah dalam industri perbankan: Teori dan praktik. Jakarta: Penerbit Ekonomi

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (15th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktisi Instrumen Penelitian Yogyakarta:Deepublish Publisher

Lutfi, M. (2024). Kepercayaan dan Loyalitas Nasabah dalam Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.

Magdalena. (2018). Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam Bisnis. Bandung: Remaja Rosdakarya.Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2022) .Metodologi penelitian : lengkap, pratis, dan mudah dipahami.Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Wardhana, A. (Ed.). (2024). Service Quality & e Service Quality in the Digital Edge (Edisi Indonesia). Yogyakarta: Eureka Media Aksara.

Tesis, Disertasi, atau Laporan Penelitian:

Ledesman, dalam. Fikri, M. R. (2023). Pengaruh Keamanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Digital Keuangan Aplikasi Flip. Id Pada Reseller Dan Partner Elita Collection Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Syari’ah (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Setiyaningsih (2018) Pengaruh Keputasan dan Kepercayaan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah dengan Swetching Cost sebagai Variabel Mendiasi Universitas Atma Jaya Jogjakarta

Sulistyowati, (2023). Analisis Pengaruh Faktor Persepsi Kemudahan, Publikasi, Kenyamanan Akses Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Tiket Menggunakan Aplikasi Mobile Kai Access (Studi pada pengguna aplikasi KAI Access di Garut). MASMAN: Master Manajemen

Venkatesh, .(2012). Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2). MIS Quarterly, 36(1), 157–178. Minneapolis: Management Information Systems Research Center, University of Minnesota.

Artikel dalam Jurnal:

Ardiansyah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Digital, Promosi, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan ShopeeFood. Jurnal Manajemen dan Pemasaran vol 10 (2).

Khoirun Nisa, I. (2018). Dimensi kepercayaan nasabah dalam perbankan syariah: Ketulusan, kemampuan, integritas, dan kesediaan untuk bergantung. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah vol 12 (2).

Lapasiang, A. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Karombasan Manado. Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol 5 (3).

Ledesman, R. (2018). Kepercayaan dan risikonya dalam hubungan antar individu. Jurnal Psikologi Sosial, vol 12 (3), 45-60.

Margekm, S., & dkk. (2019). kualitas layanan digital Jurnal Administrasi Publik dan TeknologI vol 22 (3).

Naisiri, A., & dkk. (2022). Optimalisasi Teknologi Informasi dalam Strategi Manajemen Bisnis di Era Digital Jurnal Teknologi dan Manajemen Bisnis, 15 (4).

Nurfitri, Nur. Loyalitas Pelanggan sebagai Aset Utama Perusahaan dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Manajemen Bisnis, vol. 15 (2)

Nurpiani, R. (2022). Kemudahan penggunaan teknologi: Studi pada sistem informasi di perbankan. Jurnal Manajemen dan Teknologi, vol 18 (1).

Salam, Muhammad, and Siti Habibah. Manfaat Loyalitas Nasabah bagi Perbankan Jurnal Manajemen Perbankan, vol. 15 (3)

Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Penggunaan Sistem Transaksi Jual Beli Online (Studi Pada Konsumen “Z”). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) vol 52 (1).

Utami, M., & dkk. (2019). Memberikan pelayanan berkualitas untuk menciptakan loyalitas nasabah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran,vol 15 (3).

Wardhana, A., (2022). Kepercayaan nasabah dan pengaruh terhadap transaksi online pada sektor perbankan. Jurnal Manajemen dan Teknologi vol 11 (4)

Zhou, T., Lu, Y., & Wang, B. (2011). A Model of Customer Trust in Online Banking. Electronic Commerce Research and Applications, vol 10 (1).

Interactionism. Global Conferenceon Business and Finance Proceedings 7(1). January 3-6. The Institute of Business and Finance Research: 721-742.

Laman Web

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (2024, November 9). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) resmi meluncurkan aplikasi BYOND By BSI. Bank Syariah Indonesia.https://www.bsi.co.id.

Undang- Undang

Undang-Undang (2023). Undang-undang RI. Nomor 4 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Undang-Undang (2008). Undang-undang RI Nomor 21 tentang Perbankan Syariah. Jakarta: Sekretariat Negara.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v5i2.2595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.