PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, DAN CITRA PRODUK TERHADAP MINAT NASABAH BERTRANSAKSI DI BANK ACEH SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan citra produk terhadap minat nasabah bertransaksi di Bank Aceh Syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada pengguna Bank Aceh Syariah. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini dengan jumlah sampel 100 responden dengan kriteria responden tersebut adalah nasabah yang bertransaksi di Bank Aceh Syariah. Skala likert digunakan sebagai alat pengukur. Analisis data melibatkan penggunaan regresi liniar berganda, uji T dan uji F menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah bertransaksi di Bank Aceh Syariah (2) Variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah bertransaksi di Bank Aceh Syariah (3) Variabel Citra Produk berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah bertransaksi di Bank Aceh Syariah
(4) Variabel Promosi, Kualitas Pelayanan dan Citra Produk berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap minat nasabah bertransaksi di Bank Aceh Syariah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Afifuddin. Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Perbankan
Syariah Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Tabungan Mudharabah (studi Kasus Pada Mahasiswa UNISMA). El- Aswaq 2 (2), 2022
Azwar, Saifuddin 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Chaer Abdul.1993. Gramatika Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta 2003. Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta
Bugin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi. Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmuilmu Sosial Lainya, Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Prenada Media. Jakarta
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Edisi
Cetakan ke VIII. Semarang: Bandung Penerbit Universitas Diponogoro Ismail. 2013. Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Suryana. 2001. Kewirausahaan. Salemba Empat: Jakarta
Kasmir. 2005. Pemasaran Jasa. Jakarta: Graya Grafindo Persada Kerlinger. 1992. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: UGM Perss Kotler, 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks
Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional, Jilid II. Salemba Empat, Jakarta.
Sugiyono 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Artikel dalam Jurnal
Anisa, Siti. (2021). Pengaruh Promosi, Nilai Taksiran, Pelayanan, dan Pembiayaan Pemeliharaan terhadap Minat Nasabah Menggunakan Pelayanan Jasa Gadai Emas Syariah (Studi Kasus Pegadaian Syariah Unit Cabang Kamal).Thesis STKIP PGRI Bangkalan.
Hendri Tanjung. Pengaruh Kinerja Keryawan, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 3 (1), 84- 95, 2022
Minh, N.V. & Huu, N.H. 2016. The relationship between service quality, customer satisfaction and customer loyalty. Journal of Competitiveness, 8(2): 103-116
Susanti, Tika (2021). Pengaruh Promosi, Nilai Taksiran, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Gadai Emas” (Studi Kasus pada BMT Mawaddah Cabang Batu Lenger). thesis, STKIP PGRI Bangkalan.
Wirda, Nirlia Okta, Ahmadsyah, israk & Evriyenni. (2021). Pengaruh Promosi dan Keunggulan Produk Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Gadai Emas (Rahn) Pada PT. Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram Nagam Raya. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, Vol.42, No.3, hlm.25
Laman Web dengan Penulis
Ramli, K. 2011 Skala pengukuran dan instrument penelitian. http:/kamriantiramli.wordpress.com/2015/16/skalapengu kuran-dan instrumentpenelitian/24November 2012.
DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v4i2.2230
Refbacks
- There are currently no refbacks.