ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG BANDA ACEH

Hermawan Hermawan, Puji Ariyani, Harisna Rais

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial pengaruh faktor-faktor (pelayanan dan produk) terhadap tingkat kepuasan nasabah di PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data penelitian menggunakan data primer dan diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Data diolah dengan teknik regresi linear berganda dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa secara simultan variabel pelayanan dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dapat dilihat dari nilai f-hitung 10,468 dengan probabilitas signifikan 0,00. Sedangkan secara parsial kedua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dibuktikan, variabel pelayanan dengan nilai t-hitung sebesar 2,121, dan probabilitas signifikan 0,036. Variabel produk dengan nilai t-hitung 2,385 dan probabilitas signifikan 0,019. Berdasarkan uji R Square (R) pengaruh yang diberikan sebesar 17,8 % sedangkan sisanya 17,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model.


Keywords


Pelayanan, Produk, dan Kepuasan Nasabah.

Full Text:

PDF

References


Andrin Sutedi.2011 Hukum Gadai Syariah, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Fandy Tjiptono. 2015. startegi pemasaran, Bekasi: Exact.

Fandy Tjiptono. 2014 Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian Yogyakarta: Andi Publisher.

Heri Sudarsono. 2003. Bank Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Salemba.

J Supranto. 2001 Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakrta: Bumi Aksara.

Kasmir. 2007. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT Raja GRafindo Persada.

Kasmir. 2005. Etika Costumer Service, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler Philip dan Keller Kevin Lane. 2007 Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Lovelock, Laurent. W, C. 2002. Principles of Service Marketing and Management, Secont edition, Jersey: Upper Saddle River.

Muhammad SyafiI Antonio. 2001 Bank Syariah dari Teori Ke Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.

Muhammad Teguh. 2005 Metode Peneltian Ekonomi teori dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Philip, Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

R. Wayne Mondy. 2008 Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, Freddy. 2002. Meusuring Costumer Satisfactio. Teknik Mengukur Kepuasan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analiisis Jakarta: PLJP.PT Gramedia Pustaka Tama.

Sigit Triandaru dan Totok Budi Santoso. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Lain Jakarta: Salemba Empat.

Soehardi Sigit. 2003. Esensi Perilaku Organisasional, Yogyakarta: Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v2i2,November.1461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.