PENGARUH PELAYANAN BANK TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERMATA SYARIAH CABANG ACEH

Feri Fahrizal, Puji Aryani, Susi Wardani

Abstract


Berdasarkan Lembaga Keuangan Syariah dan beberapa kendala kepuasan yang dialami oleh nasabah Bank Permata Syariah Cabang Aceh, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelayanan Bank terhadap kepuasan nasabah Bank Permata Syariah Cabang Aceh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel adalah 80 orang merupakan nasabah Bank Permata Syariah Cabang Aceh. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS. Penelitian ini berlandaskan teori dari beberapa sumber buku dan sumber media online. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pelayanan Bank terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0.000<0.005. koefisien determinasi menunjukkan bahwa kepuasan nasabah dijelaskan oleh pelayanan Bank sebesar 56,2%.


Keywords


Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Bank Syariah, Bank Permata Syariah

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembang Dan Pembinaan Bahasa. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia-Edisi Kelima. Jakarta: Badan Pengembang dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud.

Barnes, J. G. 2003. Secret Of Customer Relationship Management: Rahasia Manajemen Pelanggan. Yogyakarta: Andi.

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Imam, W. S. 2009. Manajemen Pemasaran Bank. Surabaya: Graha Ilmu.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya MAnusia (Teori dan Praktik). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Khotibul Umam, Setiawan Budi Utomo. 2015. Perbankan Syariah. Yogyakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Index.

Kotler P and Keller KL. 2016. Marketing Manajemen, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu : Total Quality Management, Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Al Qur'an Terjemah Agama RI. 2012. Al Qur'an Tajwid dan Terjemah. Bandung: Penerbit Diponegoro.

Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: BPEE.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v2i2,November.1454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.