FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH BANK SYARIAH MANDIRI DALAM MEMILIH PRODUK PERBANKAN SYARIAH KOTA BANDA ACEH

Munawan Munawan, puji aryani, susi wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah Bank Syariah Mandiri memilih produk perbankan syariah kota Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini dilakukan terhadap Mahasiswa Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Aceh yang menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri kota Banda Aceh dan sampel diambil sebanyak 54 mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel pengetahuan, lokasi, dan bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih produk perbankan syariah. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 13,017 dengan probalitas signifikasi 0,000. Sedangkan secara parsial ketiga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih produk perbankan syariah kota Banda Aceh. Hal ini dibuktikan, variabel pengetahuan dengan nilai t-hitung sebesar 2,018, dan probabilitas signifikan 0,000. Variabel lokasi dengan nilai t-hitung sebesar 2,061 dan probabilitas signifikan 0,047. Variabel bagi hasil dengan nilai t-hitung 1,557 dan probabilitas signifikan 1,128. Berdasarkan uji R Square (R) pengaruh yang diberikan sebesar 20,5% sedangkan sisanya 79,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.


Keywords


Kata kunci: Pengetahuan, lokasi, bagi-hasil dan minat nasabah.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2003). Prosedur Penelitan Suatu Penelitian Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Andespa, Roni. (2017)). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menabung di Bank Syariah, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang: Jurnal Lembaga Keuangan.

Burhan, Bungin. (2013). Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi, Jakarta: Kencana Prenada Media Goup.

Ismail. (2011). Perbankan Syariah, Jakarta: Prenada Media Group.

Muhammad. (2011). Bank Syariah Problemdan Prospek Perkembangannya di Indonesia, Yogyakarta: Ekonesia.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfa Beta.




DOI: https://doi.org/10.37598/jeips.v1i1,%20Mei.1032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.